Hi mbak Windy,

Baru -baru ini saya bawa Rena (umur 2,5 bulan waktu itu) travel dgn
pesawat.  Refer to artikelnya Mayo Clinic sih, kalau memang tidak ada
gangguan apa-apa, apalagi kalau DSA sudah merekomendasi, bahkan bayi di atas
usia 2 minggu bisa bepergian dengan pesawat.
Yang penting, observe kondisi medis baby dan safety di pesawat.  Contohnya:
usahakan baby lagi fit staminanya (nggak usah baby, orang dewasa aja kalau
lagi flu nggak enak banget rasanya selama di pesawat).  Kondisi fit baby
juga buat dia 'tahan banting' selama gabung dengan penumpang lain yang
mungkin sedang sakit di ruang tunggu/pesawat dan tetap happy selama di
tempat tujuan nanti. Kalau memungkinkan, minta tempat duduk dan safety belt
yang yang nyaman.

Persiapannya?  karena sudah cukup besar (usia 7 bulan), mbak mungkin harus
siap-siap dengan mainan favoritnya (antisipasi kalau dia tidak lagi mau
tidur), atau malah sekalian dengan meal-nya (kalau ternyata waktu perjalanan
barengan dengan meal-timenya ... bisa juga order kids-meal di pesawat lebih
dahulu).
Siap-siap juga kalau ternyata terpaksa 'delay' pesawat atau harus 'transit'
di bandara lain (untuk yang trip rute panjang).  Waktu-waktu begini ini
butuh extra meal, diapers, toys, fun activity dan extra kesabaran dari
ortunya karena kadang baby jadi rewel karena kelamaan nunggu :)

Menurut pengalaman, memang agak sulit tutup telinga baby pakai kapas.
Usahakan aja mulutnya sedang mengunyah/mengisap (kalau nggak mau disusuin,
sediakan aja botol susu). Cara ini yang membantu meringankan tekanan di
telinga akibat cabin pressure.  Cara lain?  Dengan membiarkan baby menangis
..... tapi ini kemungkinan besar buat penumpang lain jadi tidak nyaman :)

Kalau rute perjalanan pendek sekitar 1-2 jam, apalagi yakin berangkat dengan
pesawat berbadan lebar, nggak ada yang perlu dikhawatirkan mbak.  Desember
kemarin, saya usahakan untuk pergi dengan jam keberangkatan malam (baby saya
lebih banyak tidur dan lapar) ... juga nggak ketemu cuaca buruk karena musim
hujan, and ternyata Rena bisa tidur dan menyusui lebih nyaman selama
perjalanan.

have a nice and safe trip mbak :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 1/5/06, Windy Agustina < [EMAIL PROTECTED] > wrote:

> Dear parents.
> Mo nanya nih..
> Rencananya pertengahan Januari nanti saya mau pulang kampung, naik
> pesawat.
> Boleh kan bawa bayi naik pesawat ?
>
> Apa yg mesti saya persiapkan.. ?
> Saya cuma tau kalau musti nempelin kapas ke telinga pas takeoff  ama
> landing.
> Tp kayaknya susah banget deh buat nempelin kapas ke telinga anak saya..
> :-(
> Atau di susuin... lebih susah lagi... anak saya palilng susah di suruh
> nenen :-(
> [...]

Kirim email ke