Sebetulnya sih, kl menurut saya gak ada buku tertentu untuk dibacakan pada
anak2 umur 1 tahun.. yang sederhana aja dan ada gambar-gambarnya sederhana,
enggak perlu yang rumit dengan teks panjang2.
Tergantung kreativitas orangtua yang membacakan juga, lebih bagus saat
mendongeng kita selipkan lagu2 sederhana, misalnya kayak cicak2 di dinding
atau satu2 aku sayang ibu -yang simpel2- dan liriknya bisa diganti sesuai
kreatifitas.

Pengalaman saya membacakan buku enggak harus saat mau bobo, waktu bermain
juga saya manfaatkan untuk mengenalkan buku, sejak sedini mungkin. Biasanya
anak kecil suka meniru2 orangtua, dan kalau mereka lihat ortunya sibuk
membalik2 buku, mereka lantas pingin ikut2an juga. Kalau anaknya nangis,
mungkin haus atau lapar pak :) atau kalau bosan, ya distop aja, jangan
bosan2 untuk terus mencoba :-p

Kalau bisa pilih buku yang agak tebal- model board book- tapi yang ujungnya
tidak tajam. Biasanya di toko buku banyak baby book model begini. Coba Bapak
(kalau domisilinya di Jkt ya)ke Kinokuniya (di Plaza Senayan atau Plaza
Indonesia) atau Aksara (Kemang atau Plaza Indonesia) atau QB banyak tersedia
beragam pilihan. Dulu sih di mal ambassador ada star books ya kl gak salah
namanya, di sana banyak buku anak2 lumayan murah.

Bbrp pilihan buku buat babies:
-Pat the Bunny by Dorothy Kunhardt (ini distributornya Java Books)-
gambar2nya simpel
-Maisy's Big Flap Books by Lucy Cousins -warna-warni menyolok, gambar
sederhana
-Rock One Baby (Ladybird) -bisa dipakai sampai lebih dari setahun, karena
ada gambar yang bisa di-match dengan halaman sampingnya
-The Wheels on the Bus
-Terus ada tuh buku2 board book kecil2 judulnya 'Things in My house',
'Things We Wear', 'Transport' dsb, harganya murah sekitar 10-15rb, dulu anak
saya, Pasha suka banget sama buku model begitu.. banyak kok di toko buku, di
gramedia juga ada
-Kalau buat buku2 anak2 Islami ada keluaran Mizan atau KBI.. kayaknya di
milis ini dulu ada membernya KBI?

Semoga membantu...
 Happy reading,
Hera

On 1/5/06, Surat Davin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear BAers,
>
> Minta informasinya dong, buku apa yang bagus/baik (bermutu) utk dibacakan
> ke
> anak dibawah umur 1 tahun?
> Apakah yang ada bergambar juga atau cukup ceritaan saja ?
> Jenis bukunya, kalau bisa judul dan penerbitnya sekalian.
>
> Dan bagaimana dan kapan sebaiknya dibacakan utk si kecil ?
> Dibacakan pada saat anak tidur atau tidak?
> Bagaimana kalau si anak tidak tertarik waktu dibacakan buku dan justru
> menangis (mungkin karena bosan) walaupun bacain-nya belum lama.
>
> Thks dan Salam,
> [...]

Kirim email ke