duh... mba intan yg baik hati maaf ya... lupa aku u/ ganti backgroundnya .

Tapi makasih banget ya atas sarannya, tp mba aku tetap khawatir nih... dan klo memang mau cek urine atau darah itu bukan harus ada rujukan dari dokternya dulu? atau kita bisa langsung cek ke lab aja gitu?

Rina
-------Original Message-------

Date: 01/06/06 12:28:34
Subject: Re: [balita-anda] Please...please....Help sharingnya donk

duh kenapa mesti pake layar biru ya?
jadi sakit nih mata :)

1. itulah kenapa guideline untuk menghadapai anak yg panas adalah TUNGGU 72 JAM (bukan 2 hari). observasi selama 72 jam itu. perhatikan gejala lain yg muncul dan behavior anak. kalau lebih dari 72 jam panas tidak turun, cek urin rutin. kalo hasilnya menandakan adanya bakteri, silahkan urin kultur. kalau urin utin hasilnya negatif, silahkan coba cek darah.

2. sudah banyak cerita2 dari parents ttg obat dokter yang tidak menyebabkan anak sembuh.... rugi waktu, rugi tenaga, rugi biaya, dan rugi di tubuh anak sendiri...

3 patokan untuk mengecek kesehatan balita adalah pada BEHAVIORNYA, bukan pada GEJALAnya.... selama anak masih normal, aktiv, tidka lesu, dan makan minum bagus, ini berarti belum ada yg patut dicemaskan.... jadi, belum perlu dong ke dokter....

4. panasnya berapa derajat? lalu polanya bagaimana? biasakan pakai termometer.

5. selama anak sakit, wajar bgt BBnya turun.. nanti kalau sudah sembuh, BB akan meningkat lagi

6. BB raeshard secara sepintas baik. namun bisa jadi ini penilaian palsu. bagaimana dengan TB? lalu BB dan TB tiap bulannya? harus lengkap dicatat agar diliat pola perkembangannya. kalau dalam dua bulan BBnya naik/turun drastis ini yg patut diwaspadai.... tapi kalu perbulannya peningkatan/penurunan BBnya masih dalam taraf normal, ini adalah hal yg wajar. biasakan menggunakan growthchart ya mbak...

7. pemberian tempra sebenarnay gunanya hanya dapat menurunkan panas hingga sekitar 1 derajat saja dan memang bisa sedikit menyamankan kondisi sang anak tapi sekali lagi, DO NOT TRET LOW GRADE FEVER..... selama anak belum 38,5C, jangan kebiasaan memebrikan penurun panas ya.... demam ini sangat dibutuhkan untuk mempercepat matinya si virus itu sendiri.
dan penggunaan tempra pasti ada dosisnya di dusnya ya,.... kalo gak salah 5 jam sekali bisa diberikan... tapi lagi2... harap dipikirkan, perlu atau tidak pemberian tempra tersebut.