Hi pak Eddy,

Efek samping AB memang bisa jadi salah satu pencetus BAB encer atau gejala
diare pada anak.  Mungkin Keiko belum masuk kategori diare kalau memang BAB
nya masih ada 'ampas'.  Tanda diare kalau memang frekuensi BAB banyak dalam
sehari, bentuknya cair dan volumnya banyak .... anak juga jadi kelihatan
lemas.  Apalagi kalau anaknya tetap beraktivitas normal.  Perbanyak saja
asupan cairan dan makanan bergizi buat Keiko.  Coba observe, kalau memang
masalah BAB nya berkepanjangan, dan yakin kalau tidak ada masalah dengan
asupan makanan sehari-harinya (contoh: bukan jenis makanan baru yang mungkin
'nggak cocok' dengan pencernaannya, hygienitas makanannya terjamin),
kemungkinan besar dari konsumsi AB-nya.

Diagnosa 'radang tenggorokan' memang sering diikuti dengan treatment AB.
Padahal umumnya penyebabnya virus - rotavirus/adenovirus (mis. anak
ngalamin demam, batuk or pilek berkepanjangan yang buat area tenggorokan
jadi 'luka'/radang).  Kalau sudah jelas memang virus, treatment AB nggak
diperlukan karena memang tidak menyembuhkan malah efek sampingnya ke pola
BAB anak.
Kalau anak saya mulai ngalamin radang tenggorokan, 'modal' saya cuma
home-treatment dan berusaha jadi 'the best observer' untuk dia.  Step awal:
langsung perbaiki dan tingkatkan gizi dari asupan nutrisinya dan observe
tingkah laku dan istirahatnya .... 1-2 hari sudah ceria lagi dia :)

Hasil test feses orang sehat pun kayaknya tetap ada bakteri (+), ini masuk
kategori normal karena memang usus manusia juga mengandung banyak bakteri
baik.  Buka berarti adanya bakteri dalam feses bisa dibilang bakteri tsb.
penyebab penyakit anak. Kalau memang mengalami 'bloody stool' karena (+)
amuba (biasa disebut disentri), baru dilakukan treatment AB yang sesuai.
Atau kalau memang (+) ada parasit dalam feses bisa dilakukan pengobatan
oral.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 1/12/06, Eddy Ts <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Moms and Dads,
>
> Perkenalkan, saya Eddy, baru joint milist ini.
> Mo tanya nih berkenaan dengan anak saya, Keiko, 10,5 bulan.
> Kemarin, Keiko BAB sampai 7x, nggak diare sih, faecesnya normal, agak
> lembek dikit.
> Apakah ini normal ? Anaknya sendiri tampaknya biasa saja, aktifitas
> normal.
> Beberapa hari terakhir, memang minum AB Kalmoxilin karena kena radang
> tenggorokan..
> Apakah AB ini bisa membawa efek samping sampe sering BAB ?
> [...]

Kirim email ke