From: Mama Kavindra <[EMAIL PROTECTED]>
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] Cerita n sharing keracunan...
Date: Wed, 11 Jan 2006 04:49:59 +0000 (GMT)

Dear all mo sharing nih

Critanya berawal dari tongkol ini nih… lagi pengen
makan ikan tongkol nehhh....
Waktu masak tongkol nih eyangnya Kavin udah ngingetin
kudu ati2 klo masak ikan tongkol krn seringnya nih
pada keracunan klo habis makan tongkol…so,disaranin
buat masaknya dikasih capuran arang buat nawarin
racunnya…

Stl makan tongkol nih aku ngerasa pusing bgt n pengen
muntah..but ga bs muntah..diare aja… suami aku juga
ngeluh pusing n gatel lidahnya…..

Senen, 9 Jan 2006 mulai jam 8 malem aku muntah2
hebat…lsg aja aku minum pocari... sempet lemes krn nih
Kavin maunya nenen aja….
Bebrapa saat kmdan jam 10 malem Kavin ikutan muntah2
juga… habis muntah Kavin minta air putih..baru masuk
dikit munyah lagi… hiks…. Trus minta nenen ASI…
setelah nenen tidur but tidurnya ga tenang guling2
gitu sambil ngigau perutnya sakit…

Selasa, 10 Jan 2006
Jam 1 pagi Kavin bangun minta nenen ASI… nenen dikit
trus tidur…
Jam 3 pagi Kavinnya bangun minta pipis..but yg ada
pipis sambil muntah2 hebat…. Saat itu juga aku
muntah2…
Sejak itu Kavin gak mau tidur..maunya gendongan
aja..minta minum air putih dikit2…. Pedialyte mau juga
….
Jam 5.30 Kavin minta nenen ASI… 1/4 kmdan muntah2
hebat…. Trus ma eyangnya dikasih air kelapa ijo… mau
banget ..krn nih ikutan eyang kungnya metik kelapa ijo
punya tetangga..penasaran kali ye pengen minum….
Habis minum muntah lagi…..  kasih pedialyte lagi but
ga mau… air kelapa juga ga mau….
Kasian bgt nih ngliatnya…. Pengennya sih Kavin jalan2
but rada lemes gitu aku ga tega bawa jauh2..cuman
sampe  depan rumah aja…
Jam 6 Kavin minta nenen ASI… muntah lagi…bingung
juga…. Apa mungkin keracunan ASI aku yg notabene
tepapar dr ikan tongkol yg aku makan.. sempet sms MbaK
Dewi Joris, Mbak Heni Nur n Mbak Luluk (milis sehat)…
intinya sih smua masukannya sama aja bisa aja ASInya
terpapar tu racun..but biasanya cepet juga
netralnya..yg penting banyakin asupan cairan aja…
Jam 8 Kavin muntah2 lagi..kali ini pake rewel segala…
kasian bgt dah ngilatnya..ga tega gitu… akunya sendiri
lemes juga krn makan juga ga bis mual…cuman minum
pocari aja nih…. So, aku gak kasih ASI dulu kebetulan
Kavin juga minta susu UHT…stl minum susu UHTnya Kavin
tidur…
Jam 9 Kavin bangun tidur tau2  bilang, “Mama maem
amemut (havermuth..) akek taos (apple sauce
maksudnya..)..lsg aja aku bikinin havermuth… puji
Tuhan dimakan habis 1/2 mangkok..minta lagi tuh
Kavinnya but ga aku kasih takutnya ntar klo kebanyaken
malah muntah lagi…. Habis makan  havermuth rada
segeran nih Kavinnya..bisa ketawa2 lagi nonton
Barney…..
Jam 10 Kavinnya minta nenen lagi..biasa klo liburan
selalu aja nempel ma emaknya maunya nenen mlulu… habis
nenen seger lagi tuh… minta jalan2 nih…..
Jam 11 habis jalan2 nih tiba2 muntah lagi..hiks….
havermuthnya ikutan kluar smua…hiks… minum pedialyte
lagi… Kavinnya  rewel lagi… maunya jalan2 aja…sambil
gendongan gitu….wkt jalan ada org jualan putu bumbung
lewat… Kavinnya minta dibeliin…. Ya wis beliin aja…
dimakan sih 2 potong…. Habis gitu Kavin tidur lagi
sampe jam 13…. Sempet takut nih habisnya tidurnya lama
bgt..takut dehidrasi gitu..but Kavin masih sering
BAK..trutama klo muntah nih sambil BAK… lemes juga sih
but masih wjar2 aja namanya juga kurang asupan… bangun
tidur Kavin muntah lagi..hiks… kalo ini nyemprot deres
bgt… sambil nangis muntahnya…. Digantiin baju ga mau..
 nangis aja nih…. Bingung dah…. Mana eyangnya ribut n
panik nyuruh bawa ke UGD….hiks..hiks… but aku tetep
bertahan ga bw Kavin ke DSA or UGD… krn puji Tuhan
masih bs muntah… racunnya kluar nih…
Jam 14 rada reda rewelnya Kavin…. Minta mnum susu
Uht…. But muntah lagi…. Tambah ributlah eyangnya… Aku
smsan lagi ma Mbak Luluk… intinya klo ada tanda2
emergency telp aja DSAnya…
Jam 15 Kavin minta alpukat..aku bikinin jus
alpukat..but baru 1/2 gelas lsg muntah…nyemprotnya
deres bgt…. rewel lagi…. Kenceng bgt nih nangisnya….
Panik bgt dah habisnya Kavin gak pernah nagis kaya
begini… aku telp  hp DSAnya ternyata bliau baru aja
nglempar jumroh..lagi  naik haji nih….  But sempet
dibilangin klo muntahnya gpp artinya racunnya
kluar..mesti tuntas tuh..yg penting msh bs nrima
intake cairan walo kluar lagi…. Kalo sampe ada tanda
dehidrasi baru deh dibw ke RS….
Jam 16 nih… rada membaik kondisi Kavin..minta mandi
nih.. lsg aja aku ajakin berendam air hangat..seneng
bgt nih…..
Jam 17 Kavin minta nene Asi lagi….krn kondisi aku udah
ok..udah gak muntah n bs makan lumayan banyak ya wis
aku nenenin aja…. Puji Tuhan gak muntah nih Kavinnya n
juga tambah giras aja polahnya mulai pethakilan lagi….
Udah hepi nih diriku…. Eyangnya juga…but tiba2 jam 19
Kavin muntah2 lagi….. n lemes lagi… hiks..hiks….
sempet bingung juga nih..takutnya ga cuman keracunan
…. Aku tenangin diri sambil baca2 file sehat n bukunya
dr Wati…. Sempet kepikiran usus buntu..but baca lebih
jauh tanda2nya ga ada…. Kavin tetep rewel minta
gendong..but stl diajakin main keluar rumah lihat
bintang Kavinnya rada tenang….
Jam 20 nih Kavin ngantuk minta nenen…. Baru 5 menit
nenen muntah lagi….. aku kasih pedialyte… mau 30
ml..habis gitu minta nenen lagi….. n lsg bablas tidur
pules……

Selama tidur malem sampe tadi pagi Rabu, 11 Jan 2006
jam 4.30 Kavin nenen Asi 2 kali n gak muntah2..puji
Tuhan banget…. Sempet ngompol juga….
Bangun2 minta pisang habis 1 nih….laperrr bgt kali
ye….. habis  makan pisang tidur lagi… jam 7 baru
bangun…. Minta nenen Asi…
Jam 8 pagi aku brangkat ke kantor..puji Tuhan Kavin
udah ga muntah2 lagi…. Barusan aku telp ke rumah
Kavinnya habis mandi n lagi main2 ma Mbaknya….

Smoga aja Kavin bener2 udah baikan yah…. n mau
makan..uadah aku bikinin bubur ayam tuh buat makan
siangnya…
Buat mbak2ku yg udah aku repotin dg smsku kmaren..thx
bgt yah sharingnya….
Aku jd bisa lebih rasional n gak panikkan lagi…. Walo
rada stress juga nih ngliat anak muntah2 hebat spt
itu…… br pertama nih sejak Kavin baby smp 21 bln ini….
Muntah HAMPIR 20X dlm wkt hampir 24 jam…

Thx, all yg udah baca sharingnya.. smoga bs buat
pelajaran yg lain yah..

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com