Hi mbak Mei,

Waktu hamil dulu, saya lebih cenderung hitung usia kehamilan dengan 'minggu'
dibanding 'bulan'.  Masalahnya tiap bulan kan lain-lain jumlah minggunya,
agak sulit ambil patokan 'bulan' .  Konsultasi dengan DSOG sendiri selalu
pakai patokan 'minggu' , jadi lebih jelas kalau 40 minggu itu waktu 'due
date' nya si baby, kalau lebih dari itu ada 1-2 minggu 'waktu toleransi'
untuk baby lahir (alias max. baby masih bisa dalam kandungan dalam waktu
max. 42 minggu kehamilan). Lagian, dulu semua buku dan milis kehamilan yang
saya ikuti juga pakai hitungan 'minggu' , jadi lebih gampang 'compare'
kondisi kehamilan sendiri dengan referensi yang ada.  :)

Masalah kapan beli perlengkapan bayi?  based on pengalaman, memang justru
lebih 'nyaman' belanja saat usia kandungan di trimester kedua seperti mbak
Mei ini.  Masa kehamilan di trimester ke dua itu memang kadang membuat moms
jauh lebih 'energik' dan santai, karena sudah mulai minim resiko 'keguguran
dan morning sickness' di trimester 1, juga belum masuk masa 'bawa beban
berat' dan 'exhausted' di usia kandungan trimester 3.
Saat masuk usia kandungan tua, saya tinggal beli pernak-pernik kecil
perlengkapan bayi, yang sebetulnya tujuannya lebih ke banyak
gerak/jalan-jalan untuk persiapan bersalin nanti.

cheers,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

Kirim email ke