To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Tuesday, January 17, 2006 12:28 PM
Subject: [balita-anda] Obat Racikan utk meningkatkan BB anak

Dear Moms & Dads,

Salam kenal semuanya..!!! Saya member baru nih, dan udah langsung minta sharingnya dari moms & dads semua. Boleh yaa....

Ceritanya begini, kemarin sore anak saya imunisasi. Karena DSA yang biasanya berhalangan, saya ke DSA lain di sebuah RSIA. Saya pikir, kalo imunisasi aja kan gak apa2. DSA yg kemaren itu ngasih resep utk racikan pengganti vitamin yang katanya untuk mendongkrak BB anak saya. Komposisi racikannya: curcuma, Pronicy, dan vitamin B kompleks. Saya tanya ke apotik di RSIA tsb, pronicy itu sebenarnya apa; vitamin atau obat? dia jawab vitamin. Tapi di apotik itu yg ada heptasan, Katanya sama saja hanya beda brand. Saya tebus, tapi belum saya kasih ke anak karena saya masih penasaran thd bbrp hal. Sampe di rumah saya browsing cari info ttg Pronicy & Heptasan. Ternyata keduanya bukan sejenis vitamin (spt yg org apotik bilang ke saya) tapi termasuk kategori obat antihistamin, antialergi. Keduanya memang punya mengandung bahan aktif ygsama (saya lupa namanya). Kedua jenis obat tersebut memang sering digunakan utk meningkatkan berat badan karena efeknya yang dapat menigkatkan nafsu makan. Tapi informasi yg berhasil saya peroleh juga menyebutkan bahwa skrg ini kedua obat tsb sudah tidak dibenarkan untuk digunakan sebagai terapi meningkatkan berat badan, baik utk orang dewasa apalagi anak2. Bahkan disebutkan, utk anak-anak bisa ber-efek kekerdilan. memang iya bisa bikin gemuk, tapi gemuknya gak sehat.

Mungkin moms & dads ada pengetahuan ttg hal tsb.  Mohon sharingnya doong....

terus terang, dari awal saya memang tidak setuju kalo utk mendongkrak BB anak pake obat2an/vitamin khusus. Tapi ya worry juga lah, ngeliat badan anak saya yg ceking. Selera makan anak saya cukup bagus. Cuma ya itu, tergantung mood. Kalo lagi seneng makan, makannya banyak (tapi pup-nya banyak juga) dan sering. Kalo lagi kumat malesnya, ya dikit deh makannya. Menurut dokter, perkembangan motorik kasar & halus anak saya selama ini juga bagus. Bicaranya juga lancar dan jelas (dia bisa bicara umur 8 bulan). Pertumbuhan gigi-geligi bagus. DSA yang biasa menangani anak saya,kebetulan termasuk tipe dokter yg gak gampang kasih obat. pernah saya minta vitamin atau apa kek spy BB anak saya bisa mencapai BB standarnya (sempet gak2 putus asa waktu itu), tapi dia gak mau. katanya, itu tidak natural dan kasian tubuh si anak.

Waduuh, sorry...ya kalo kepanjangan. Abis, daripada sumpek di hati, mendingan sharing sama moms & dads. Dgn harapan dapat pencerahan.

Rgds,

BundanyaYesha