Yang model begini sih rasanya udah cukup lama.
Saya beberapa kali terima email macam ini, ada yg sebagai pemenang lottery
macam email di bawah, ada yang minta kerjasama untuk ngambil warisan dari
bank karena si empunya katanya sdh mewasiatkan kalau terjadi resiko
meninggal, hartanya akan dihibahkan ke orang indonesia (sampe disebut gitu
loh!, cuma mereka gak sebut nama saya aja, he he he), dan lain-lainnya.
Kebanyakan email yang saya terima dari Afrika, malah ada yang mengaku dari
keluarga presiden ...... (dia sebutin sih nama dan negaranya, tapi saya
lupa) atau PM ......, pokoknya macem itu lah. Ada juga dari Canada dan
lain-lain.
Bahkan untuk pemenang Lottery macem itu, saya dan kakak saya juga pernah
terima surat (bukan email) dari Australia.

Saya sih, nggak pernah nanggapin email-2 macem itu. Terus terang logika saya
mengatakan, kalo emang dapet rejeki nomplok, rasanya gak gitu-gitu amat deh
Tuhan ngasih rejeki ke kita. Yang ada juga ujung-ujungnya penipuan.
Saya ada cerita, sumbernya dari kawan saya untuk kasus spt email2 macem ini:

Dia terima email dari Afrika (saya nggak tanya negaranya). Si Afrikan bilang
dia ajak kerjasama untuk ambil uang dari bank di Swiss yang dihibahkan untuk
orang Indonesia. Dia punya jalur pengambilannya, katanya. Wah, si Indonesian
pasti tergiur dong bakalan dapet uang jutaan swiss franc. Si Indonesian
(seperti biasanya) di minta setor sejumlah uang ke rekening yang di tunjuk
untuk perjalanan si Afrikan ke Indo karena dia mo dateng untuk njelasin
mekanismenya. Uang sdh dikirim dan si Afrikan memang dateng beneran ke Jkt.
Di sini si Afrikan ngobral tipuan yg intinya uang warisan sdh hampir di
tangan dan bakal segara di transfer ke rekening si Indo. Tapi si Indo
diminta uang cash beberapa ribu dollar (kali ini cash, karena ketemu
orangnya langsung) untuk mempercepat pengurusan dokumen2. Dikasih dong sama
si Indo.

Hari demi hari, minggu pun berlalu sampe akhirnya lebih dari sebulan, gak
ada kabar dari si Afrikan, di kontak juga gak bisa, hotel tempat dia nginep
di Jakarta juga udah gak ada lagi. Singkat kata, si Indo barulah sadar dia
TERTIPU!
Berdasarkan copy keterangan dari hotel tempat si Afrikan nginep dia laporin
ke polisi. Tapi ya gitu gak ada hasilnya.
Sadarlah si Indo, dia sdh mebiayai si Afrikan jalan-2 ke Indonesia and
shopping2 trus entah kemana. Enak banget tuh si Afrikan, jalan2 gratis plus
shopping. Oalahhhhh.... lagi-lagi maksud hati pingin dapet uang banyak, apa
daya ternyata malah kehilangan uang banyak! Nasib! Begitulah sesal si Indo.

Nah, makanya saya gak pernah menggubris email/surat iming-2 hadiah macem
itu. Kalau surat pemebritahuan pemenang Lottery yang dari Aussie sih minta
uangnya gak banyak, cuma (kalo gak salah) belasan dolar gitu deh. Itu aja
nggak saya gubris juga. Ngapaian kirim uang Rp.100rb ke mereka, mendingan
juga dibeliin pizza!

-Bapak'e Farah-