Inul dan Keluarga Saya

Oleh: Mula Harahap

Untuk pertama kalinya, saya menonton VCD Inul atas rekomendasi anak lelaki saya.

Waktu itu--tahun 2002 atau 2003--ia kuliah di Bandung. Sesekali, bila sedang tidak punya kesibukan, ia kembali ke Jakarta untuk berkumpul bersama keluarga.

Begitulah, pada suatu Sabtu malam ia muncul di depan pintu. Tanpa berkata "ba" atau "bu" dan melepas sepatu, ia langsung menuju ke depan pesawat TV.

"Heh!" katanya entah kepada siapa yang ada di rumah. "Gue punya VCD bagus, nih. Ada penyanyi dangdut yang goyangannya asyik," katanya lagi sambil merogoh sesuatu dari dalam ranselnya dan mulai mengkutak-katik VCD Player.

"Bapak mau menontonnya?"

"Hmm," kata saya sambil terus membaca koran, dan dengan nada sedikit berwibawa campur sedikit ingin tahu.

Anak itu terus mengkutak-katik TV dan VCD Player. Mulai muncul gambar di layar. Lalu ia mengambil posisi duduk di samping saya. "Heh, siapa anak ini?" tanya saya sambil memelototi seorang gadis remaja yang sedang meliuk-liuk di sebuah panggung sederhana. Tampaknya ia sedang menyanyi di sebuah perhelatan kampung. Dan tampaknya gambar itu diambil dengan sangat amatiran dan di luar sepengetahuan si penyanyi.

"Asyik, kan?!" kata anak saya sambil menatap muka saya.

"He-he-he," kata saya. "Dari mana kau dapat VCD ini?"

"Dari lapak bajakan," katanya bangga. "Anak-anak di kampus sekarang cuman ngomongin dia. Ini bakal jadi penyanyi hebat, lho..." Habis satu VCD, kami pindah ke VCD berikut. Sementara kami menonton, anak perempuan saya yang juga sudah kuliah, keluar dari kamar. "Apaan sih ini?" katanya, lalu ikut mengambil tempat di sisi abangnya.

"Penyanyi dangdut. Asyik!" kata abangnya dengan bangga dan merasa sebagai 'talent scout' untuk Inul.

"Gue nggak ngerti dimana asyiknya," kata anak perempuan saya. Ia memang bukan penggemar dangdut. Tapi ia tetap bertahan duduk bersama kami.

Saya pun sebenarnya tak mengerti dimana kehebatan anak gadis yang sedang meliuk-liuk di atas panggung yang disangga drum dan diberi atap plastik biru itu.

Tapi ada hal yang membuat saya jadi tertarik dan terharu melihat goyangan anak itu: "The Indonesian Dream". Seperti goyangan yang terjadi di panggung itu, semua kita berupaya meliuk-liuk--dengan berbagai cara--untuk keluar dari kemiskinan dan ketidakadilan yang melanda kehidupan.

Kemudian saya terbayang akan penyanyi dengan iringan organ tunggal yang menjadi fenomena di desa-desa pantai timur Sumatera Utara. Saya terbayang akan waria di Perempatan Coca-Cola--Cempaka Putih yang bila sudah menjelang jam tiga dinihari akan melakukan upaya apa saja untuk membuat calon pelanggannya tertarik. Saya terbayang akan rombongan pengamen yang mendorong-dorong 'sound-system'di atas gerobak, yang sering mangkal di pojok depan rumah saya. Dengan bayaran ala kadarnya mereka akan menyetel musiknya keras-keras, lalu penarik ojek, kuli bangunan dan pemuda pengangguran di sekitar pojok jalan itu akan berjoget dengan riangnya melupakan kesulitan hidupnya untuk sementara.

"Gimana menurut pendapat Bapak?" tanya anak saya setelah dua keping VCD selesai diputar.

"Gimana, ya...?!" kata saya balik bertanya. Lalu saya mulai menceritakan kepadanya tentang fenomena pornoaksi sebagai cara untuk bertahan hidup dalam konteks ketidakadilan yang terjadi di negeri ini.

"Dan bagaimana pula pendapatmu tentang goyangan itu?" saya balik bertanya kepada anak saya.

"Juga biasa-biasa aja."

"Lu kagak ngeres?!" tanya saya.

"Ngeres? Lebih dari situ gue udah tonton. Gue dan kawan-kawan di kampus tertarik menonton, karena goyangannya lain dari yang lain. Itu saja. Lagian, pacar gue juga sama bahenolnya koq sama dia. Bapak sendiri? Ngeres, nggak?!"

"Ngeres? Lelaki setua Bapak ini, di tengah kesibukan memikirkan berbagai masalah kehidupan ini, sudah tidak gampang ngeres lagi. Bapak sudah terlalu sibuk mikirin cicilan mobil, mikirin uang kuliah dan uang kosmu, mikirin sanak-famili yang susah-susah, mikirin negara yang amburadul. Kayaknya Bapak sudah lupa gimana rasanya ngeres. Ha-ha-ha..."

"Awas, gue bilangin Mama, lho!"

Tiba-tiba isteri saya muncul dari kamar. "Ada apa sih? Koq dari tadi bapak dan anak ini sibuk sekali berbicara dan tertawa-tawa..." tanyanya.

"Mereka lagi diskusiin goyangan penyanyi dangdut, Ma," kata puteri saya melapor.

"Heeh?!" kata isteri saya.

"Tolong diputar ulang dan kasih lihat kepada Mama-mu..." kata saya.

Anak lelaki saya kembali mengkutak-katik VCD Player. Kembali seisi rumah menonton goyangan Inul. Kembali semua menonton dengan diam dan sibuk dengan pikiran dan perasaannya masing-masing. Ada rasa iba, kagum, terharu, bingung dan sebagainya. Tapi saya berani memastikan bahwa rasa "ngeres" tidak ada di sana. Dan sejak malam itu Inul menjadi "darling" seisi keluarga.

Inul menjadi simbol kepolosan dan keluguan rakyat, yang dengan berbagai cara harus bertahan hidup, di sebuah negeri yang penuh dengan kebohongan, ketidakadilan, keserakahan dan kemunafikan ini.