From: "Sylvia Radjawane" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, February 07, 2006 2:36 PM
Subject: Re: [balita-anda] Jadwal MMR (was: Sharing Pengalaman Bram di-MMR)

Hi pak Chris,

Jadwal untuk MMR:
-MMR 1 : usia 12-15 bulan
(vaksin campak (Measles) di usia 9 bulan bisa di'skip' dan langsung
digabung dengan Mumps dan Rubella di usia 12 bulan).  Kalau sudah
pernah dapat vaksin campak, MMR bisa diberikan saat usia 15 bulan.
-MMR 2 : usia 4-6 tahun (usia masuk sekolah), sbg 'catch-up' imunisasi
kalau belum dapat MMR1

Mungkin saya salah, tapi kelihatannya hanya di Indonesia DSA selalu
'menganjurkan' agar anak2 bisa 'bicara' dulu baru divaksin MMR.  Saya
cuma berasumsi kalau ini salah satu cara DSA 'menetralisir'
kekhawatiran para ortu thd. 'autis'.  Di luar negeri bahkan data
imunisasi MMR ini sebagai salah satu syarat untuk bisa menyekolahkan
anak.

anyway, happy MMR immunization Rara,
Sylvia - mum to Jovan & Rena

<deleted>