Hi mom to be :),
Kalau cerita pengalaman menjelang dan saat melahirkan, pasti panjaaanngg...
jadinya :), so saya coba posting tips (terjemahan) penawar sakit saat
bersalin aja ya (sumber: www.babycentre.co.uk).  Beberapa items nya cukup
membantu saya saat bersalin dulu.

happy counting down, mom Nia :),
Sylvia - mum to Jovan & Rena
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

TIPS A-Z PENAWAR SAKIT
Ini adalah tips A-Z untuk menolong Anda menghadapi rasa sakit dan tetap
terkontrol dalam persalinan Anda.

A (ASK)
Mintalah informasi, semakin banyak Anda tahu, semakin rileks Anda.

B (BREATH)
Bernapaslah teratur, dan rilekslah saat Anda menghembuskan napas.

C (CUDDLE)
Tetaplah minta didampingi oleh pendamping Anda selama persalinan.

D (DRINK)
Minumlah air dalam selang waktu kontraksi.

E (EAT)
Makanlah makanan kaya karbohidrat jika Anda merasa lapar.

F (FAN)
Kipasi diri Anda dengan kipas angin elektrik yang kecil.

G (GROAN)
Keluarkanlah suara, membuat keributan sedikit adalah cara baik untuk
membebaskan sakit

H (HOLD)
Peganglah tangan pendamping Anda.

I (IMAGINE)
Bayangkan bayi Anda bergerak turun melalui panggul Anda setiap kali
kontraksi terjadi.

J (JOKE)
Bercandalah dengan pendamping dan bidan Anda.

K (KISSES)
Ciuman (dari pasangan, ibu, kakak, atau teman Anda).

L (LISTEN)
Mendengarkan musik akan menolong Anda menjadi rileks.

M (MOVE)
Bergeraklah sekeliling dan buatlah diri Anda senyaman mungkin.

N (NESTLE)
Gunakan banyak bantal atau tas lembut yang besar dan 'bersaranglah'.

O (OPEN)
Bukalah panggul Anda selebar mungkin untuk membantu bayi Anda lahir, contoh:

jongkoklah dengan satu kaki dan regangkan kaki yang lain.

P (POSITIVE)
Berpikirlah positif: 'setiap kontraksi akan membuat saat kelahiran bayi saya
semakin dekat'

Q (QUESTION)
Tanyakan apa yang tidak Anda mengerti; menjadi takut akan membuat rasa sakit
lebih terasa.

R (ROCK)
Gerakkan panggul Anda memutar, ke depan dan ke belakang setiap kali
kontraksi terjadi.

S (SIGH OUT)
Hembuskan napas dengan lembut dan perlahan.

T (TRUST)
Percayalah pada tubuh Anda: Anda akan tahu sendiri cara terbaik untuk
melahirkan!

U (UNDERSTAND)
Cobalah untuk mengerti setiap tindakan medis yang ditawarkan; jika Anda
mengerti Anda akan dapat bekerja sama dan segala sesuatu menjadi lebih
mudah.

V (VISIT)
Kunjungi kamar mandi secara teratur; kandung kemih yang penuh akan
memperlambat persalinan Anda.

W (WALK)
Berjalanlah berkeliling untuk mengurangi rasa sakit dan dapat pula memajukan
tahap kontraksi.

Y (YELL)
Berteriaklah, panjang dan nyaring, kemudian cobalah kembali ke pola
pernapasan yang baik.

Z (ZZZZZZZZ)
Tidurlah selama selang kontraksi sebisa mungkin.

<deleted>

Kirim email ke