Mbak wuwuh yg baik.

Kalo menurut saya, tidak bagus utk mbak pergi ngumpet2 tanpa bilang2 ke
anak. Memang dia akan nangis tapi dia akan belajar kalo mama n papanya
selalu pamit ke dia. ini akan menjadi kebiasaan bagi si anak kalo dia
pergi utk pamit ke si ortunya waktu dia besar nanti.( sopan santun)

Saya punya pengalaman dgn anak saya, tiap kalo saya ato istri pergi
biasanya pamit dan selalu kiss ke anak, sampe kali dia mau tidur pun kita
biasakan berdoa dan kiss. sekarang anak saya ampir 2 thn ( akhir bulan
ini)
Dia sudah bisa nagih kalo dia mau tidur pasti minta kiss dan doa dulu.
Juga kalo kita pergi kita selalu kiss dia. dan kita selalu kasih dia
pengertian kalo kita pergi atau kerja, si anak bisa mengerti walaupun
nangis and ingin ikut kita. Tapi biarkan dia nangis, yg penting dia tau
kita pergi dan akan kembali lagi ke dia. Anak memang perlu di ajar utk
bisa mandiri.
Saya mengikuti ada satu buku bagus yg mengajarkan suapaya anak bisa
mandiri sejak dia lahir. Kalo minta mbak bisa cari di toko buku kharisma,
judulnya ON BECOMING BABY WISE, KARANGAN GARRY EZZO. harganya cuma 25 ribu
kalo ngak salah. Buku ini mengajarkan utk parent yg mau merawat anak tanpa
baby sitter. alhasil Anak saya bisa mandiri skrg dn tidak rewel kalo di
tinggalin pergi atau kerja. BISA tidur sendiri di taruh di box tanpa di
gendong, makan gampang sayur atau apapun, sehat dan cekatan.

semoga sharingnya membantu yah...
Kalo ada pertanyaan khusus bisa lewat japri aja yah. thnks

cheers,
Papanya JJ