Hi mbak Hani,

Prosedur pemberian Corticosteroid itu umumnya memang untuk antisipasi
kemungkinan resiko persalinan prematur, karena memang organ paru2
janin itu termasuk yang paling akhir 'mature' nya.

Untuk kasusnya mbak Hani, asumsi saya terapi corticosteroid itu
mungkin untuk antisipasi perhitungan usia kandungan mbak Hani (siapa
tahu bukan 37 minggu tapi masih 36-an minggu). Dulu pertama kali cek
kandungan, pasti ditanya kan kapan hari ke-1 dari masa haid
terakhirnya.  Ini yang jadi patokan usia kandungan mbak. Belum lagi
biasanya kita juga dapat info tentang usia kandungan dari data USG
yang kadang beda dengan perhitungan waktu haid terakhir. Yang pasti
dijelaskan oleh staf medis dong, alasan2 nya pemberian steroid itu.

BTW, kalau memang mbak di- sectio usia kandungan 37 minggu, asumsi
saya, mungkin tindakan emergency ya mbak (alias bukan diagendakan
dengan DSOG-nya).  Pemberian steroid itu mungkin termasuk untuk
'jaga-jaga' terhadap batas waktu lahir 37 minggu antara masa lahir
bayi 'term' atau 'prematur'.

Menurut saya, nggak ada yang perlu dicemaskan, mbak.  Daffa lahir
dengan BB 2,8kg kan?  --- rasanya itu sudah menunjukkan dia bukan
termasuk kategori baby prematur ini mbak.
Untuk baby prematur yang lahir mis. di usia kandungan 31 minggu pun
kalau BB lahirnya sudah lebih dari 2,0kg punya peluang yang sangat
bagus untuk 'catch up' dengan bayi lahir normal lainnya.

Apalagi sekarang sudah di atas 8kg di usia 6 bulan .... pertumbuhan
yang OK, kan ;).

Selamat bereksperimen dengan makanan padat untuk Daffa ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena