saya dan anak gak pernah naglamin pak...
tapi temen2 banyak....
saya hanya mau dikit bantu beri masukan ya pak...

saya kok belum melihat indikasi penyakit anak bapak serius ya? jangan sampai hanya karena penyakit yg sedemikian ringan anak bapak masuk rumkit.. diberi obat apa aja oleh dokter?

sebaiknya sang ortu segera membekali diri dengan ilmu2 dasar seputar kesehatan anak ya pak.... ini untuk mengurangi kepanikan ortu dan demi mendapatkan pengobatan yg rasional pada keluarga bapak (terutama anak).

saya gak ngerti maksudnya "bronchitis pneumonia" kata dokter anak anda itu gimana ya pak? yg saya tau, pneumonia adalah peradangan pada paru2..... bronkitis adalah peradangan pada saluran paru2..... peradangan pada paru2 dan salurannay ini pencetusnya bisa karena virus (cacar air, herpes, rubella, campak), bakteri, reflux atau alergi.

kemungkinan karena cacar air, herpes, rubella, campak? saya rasa dugaannya terlalu jauh... anak bapak baru 7,5 bulan, masih ada zat imun yg dibawa dari lahir... anak bapak ASI exclusive?

bakteri? apakah ada gejala anak bapak menggigil dan suhu sangat tinggi (diatas 39C)? berapa sih suhu anak bapak saat selasa?

anak yg alergi/sensitif pada pulosi, asap rokok dan debu bisa menimbulkan pneumonia.... dengan kata lain, anak bapak menderita asma.... dan kalaupun anak bapak menderita asma, selama tidak sangat parah, BELUM PERLU dibawa ke dokter... cukup ebnahi ruangan dan tata udara rumah.... lalu lebih sering bersih2, jauhi barang2 yg mudah menyimpan debu, kayak karpet, korden dan sebagainnya..... asma itu obatnay hanya satu: hindari pencetusnya.... dan sejalan dengan semakin tumbuh dewasa, asma ini bisa menghilang. asma sendiri ada yg timbul tiba2 saat dewasa...

jadi pak, asma pada anak adalah alergi.... tidak perlu sampe rawat inap segala....

pneumonia sendiri biasanya timbul selama musim flu.... dari kronologis yg bapak tulis singkat, jelas2 anak ada bersin, batuk dan panas kan ya? ada ingus nggak? kalau anda, jelas2, ini HANYA masalah common cold.... common cold cukup di home treatment aja.... jauh2 dulu deh dari dokter dan rumkit, karena keputusan membawa anak ke dokter/rumkit juga ada resikonya.... anak bisa terkena infeksi nosokomial (tertulas saat di RS), karena bakteri di rumkit adalah jenis2 bakteri yg ganas.....

Bapak sendiri bilang anak bapak ada asma ya? sering mengi (nafas ngik2) kah? kalau bernafas dibagian tengah leher cekung? dada naik turun ?

yuk kita sharing.. for info, saya cuma bisa sharing dari pengalaman asma saya sejak kecil dan ilmu2 yg saya dapat dari tulisan2 aja ......

----- Original Message ----- From: "Heru Ramdhani" <[EMAIL PROTECTED]>