From: Bunda_Zalwa [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, March 24, 2006 10:27 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Diare

sbelum yg lbh pinter njawab, aku share sepengetahuan aku yah. dibadan
imel;

On 3/24/06, Christian GUNAWAN <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear smart parents,
>
> My Tasya (13 bulan) sudah 3 hari ini kena diare, muntahnya sih jarang
> tapi BABnya sering banget, sehari bisa sekitar 10 kali. Dah kasih
> pedialit terus, sehari bisa 1-2 botol, tapi makannya(bubur) susah
> banget, kayaknya nafsu makannya berkurang banget. Anaknya gak terlalu
> aktif banget, lebih banyak tidurnya dan rewel banget.

Yah, nmnya anak sakit Pak. Jadi serba banget. Gak mau makan banget,
rewel banget dan banget lainnya. Disabarin ya Pak, tetep perbanyak
asupan cairan.

Yang saya ingin tanya adalah : apakah boleh memberikan pedialit sesering
> mungkin, jadi sebagai pengganti air putih ? Apakah boleh kasih susu
> formula / UHT dengan komposisi yang lebih cair (soalnya istri saya dah

> gak ada ASInya lagi)? Apakah boleh memberikan teh manis ?

Karena sudah setahun liwat, teh manis sudah boleh-lah. UHTnya jgn
diencerin Pak. saat ini, utk anak diare, susu diencerkan sudah gak
'laku' lagi. Justru karena sedang diare, asupan bergizi anak jadi tambah
banyak. kl UHT diencerkan, komposisi gizi yg seharusnya didapat jadi
gak sesuai lagi dg aturan pakai UHTnya. yang dikurangi ad. makanan
berserat. pedialit sesering mungkin gak masalah. dah coba dikasi
dingin2? biar anak bapak lbh nyaman meminumnya.

Saya merasa kasihan saja, apakah cukup dengan pedialit saja tanpa asupan
> lainnya ?
> Ohya apakah saya bisa mengetahui kalo diare ini diakibatkan oleh
> bakteri tanpa harus ke lab melalui gejala yang ditimbulkan ?

Saat sakit, bisa minum saja sudah syukur banget. Yakin deh, kl nanti
sudah sembuh, anak bapak pasti bkl aksi 'balas dendam' dan makan
sebanyak2nya.
adanya bakteri dlm feses gak bs dideteksi tanpa uji lab. yg bisa
dideteksi, jika ada pendarahan dilambung dg melihat bercak darah pada
feses. sbaiknya uji feses aja Pak. biar kalopun hrs konsumsi obat,
obatnya tepat utk penyebab diarenya.

Mohon pencerahannya ...

smoga sama2 tercerahkan...aku jg msh hrs belajar banyak. smoga cpt
sembuh yah

Thanks banget sebelumnya,