iya, benar kata mbak Intan
Kotoran telinga akan keluar dengan sendirinya. Apalagi anak-anak kotoran
telinga akan mudah keluar dengan sendirinya.

Malah kita tidak boleh memasukkan korek kuping (sekalipun cotton bud) ke liang
telinga. Liang telinga sangat lembut, lapisan liang telinga itu berupa kulit
tipis yg lembut, dibawah lapisan ini langsung tulang jadi tidak ada lemak.
Kalo lapisan ini lecet/ luka karena gesekan korek kuping apalagi infeksi
rasanya akan sakit sekali karena langsung bersentuhan dengan tulang.

Kalo liang telinga dikorek-korek malah kotoran akan tambah terdorong kebagian
dalam dan akan susah keluar sendiri.

Untuk orang dewasa biasanya kalo sudah susah keluar lebih baik ditetesi
pengencer kotoran, obat ini dijual bebas. Ditetesi malam hari besaknya kotoran
yg sudah mencair akan keluar dengan sendirinya.

Hanifa