Pak…
Sependek pengetahuan saya vaksin ini blm resmi
dianjurkan or diwajibkan oleh IDAI… mengingat vaksin
ini masih impor n mahal sekali// di RS sekitar 750rb –
1 jutaan sekali suntik…. baru bebrapa bulan lalu
vaccine ini masuk Indonesia diimport oleh Wyeth.
Masalah perlu gaknya diberikan masih blum ada
kejelasan resmi dr IDAI, Dinkes dsb krn di Indonesia
lagi diteliti lagi mengenai penyebaran bakteri
PNEUMOKOKUS ini .. yg mnyebabkan radang otak n radang
paru2

Info yg aku dpt dr milis sebelah n dr DSA anakku
Di Amerika ribuan bayi terserang bakteri PNEUMOKOKUS
ini tiap tahunnya paling banyak menyerang baby  6-12
bulan.
So, perlu diberikan vaksin IPD ini - dulunya vaccine
nya (pneumococcal vaccine /prevnar) diberikan di anak
usia 2 th, tapi karena banyak bayi yang terserang maka
diberikan mulai 2 bulan. Di bawah 1 th diberikan 3
kali yaitu pada 2,4, dan 6 bulan.
Vaccine ini di Amerika sejak th 2000 sudah menjadi
vaksin wajib.

Memang bakteri ini banyak menjalar di kalangan bawah
dimana gizi nya kurang dan tidak higienis. Di Amerika
juga lebih banyak mengjangkiti untuk orang2 african
american, indian american, dan alaska native dibanding
di orang2 putih (whites).
Namun karena bakteri ini berkoloni di tenggorokan,
sehingga bila ada orang yang ada bakteri ini maka kalo
dia ngomong/batuk bakterinya bisa menular ke orang
yang disekitarnya.

Di Australia vaccine ini juga menjadi vaccine wajib
dan bahkan di sana diberikan secara gratis!
Klo di negara eropa seperti Jerman dan UK, vaccine ini
juga bukan vaccine wajib.

Smoga membantu dikit yah…
Uci mamaKavin

Uci mamaKavin