From: "Sylvia Radjawane" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Cc: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, April 04, 2006 1:21 PM
Subject: Re: [balita-anda] imunisasi IPD

Hi pak Herman,

Saya sempat baca juga brosurnya... kalau nggak salah itu imunisasi Infection
Pneumococcal Disease, jenis imunisasi untuk mencegah infeksi dari bakteri
Pneumococcus (yang kadang menyebabkan radang paru or radang otak).

Saya kurang tahu apa ini sudah termasuk jadwal imunisasi 'wajib' atau
'dianjurkan' di Indonesia.  Yang saya tahu biaya sekali imunisasinya mahal
(kalau nggak salah hingga 1 jutaan/ dosis) dan jadwalnya >1x dosis
penyuntikan.
Lagian, biasanya ada data epidemiologi yang cukup akurat dan perlu waktu
cukup untuk 'riset' terhadap kondisi kesehatan anak di Indonesia, sampai
bisa menyimpulkan bahwa memang imunisasi IPD ini perlu dijadwalkan......
Kalau lihat dari harganya .... mungkin masih 'lama' diberlakukan di
Indonesia he..he.. kecuali kalau 'terdesak' karena ada Kasus Luar Biasa
seperti polio, flu burung, dll.

Mungkin info lebih jauh bisa disearch di www.cdc. gov, tempat banyak sekali
informasi bermanfaat tentang berbagai jenis imunisasi.

maaf nggak bantu banyak, pak ..
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 4/4/06, Herman <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Ada yang tau atau pernah imunisasi IPD ga?saya lagi cari informasinya
> soalnya minggu lalu saya mendapat brosur mengenai imunisasi ini trus kakak
> ipar saya juga bilang sebaiknya dipertimbangkan untuk diberikan ke Alif,
> tapi saya masih ragu apakah imunisasi ini sudah resmi direkomendasikan
buat
> anak atau hanya sekedar penawaran vaksin baru dari produsennya.

<deleted>