Hi mbak Nanik,

Tadi sempat browse tentang Hypotension di www.mayoclinic.com .  Stress level
lebih dihubungkan dengan waktu dilakukan pengukuran tekanan darah mbak.
Karena memang tekanan darah tidak pernah statis.  Bergantung pada posisi
kita waktu diukur dengan tensimeter, apa yang dimakan, waktu siang or malam,
stress level, kondisi fisik, dll.  Kalau memang agak kurang tidur beberapa
hari terakhir, terus mbak tadi baru ngukur tekanan darah, kemungkinan besar
ada pengaruhnya dengan hasil 110/60mmHg tadi..

Tapi dari e-mailnya mbak, memang sudah sering ya ngalamin tekanan darah
rendah? Bahkan kalau angka systolic sudah < 90 atau diastolic < 60 (nggak
perlu harus dua-duanya), itu sudah pertanda tekanan darah rendah.

Refer to artikel di atas, kalau memang nggak ada indikasi medis lainnya yang
buat tekanan darah mbak sering drop (mis. dehidrasi, gangguan hormon,
jantung, diabetes, dll.) .... tidak ada treatment khusus yang perlu
dilakukan selain: jaga pola makan sehat, makan porsi sedikit tapi sering
dengan low-karbohidrat, banyak intake air (membantu memperbanyak volume
darah).  The good thing is .... nggak perlu obat-obatan dulu, selama masih
bisa diperbaiki or dibuat normal tekanan darahnya dengan tindakan self-care
seperti di atas :)

good luck ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena

On 4/4/06, Bunda_Zalwa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> utk pola makan, krn pekerja, aku dah termasuk teratur walo memang jarang
> ngemil. 3x sehari dg kadar garam yg cukup [alias kalo hambar, gak takut
> utk
> nambah2 garam].  cuma, 3 hari terakhir, tidur malam aku memang gak total.
> suka terbangun tiep jam 12 malam dan itu dah rutin sejak  4 malam
> terakhir.
> utk menu, aku memang tdk terlalu suka daging [mahel, hehehe]. tapi, sangat
> suka ikan segar dan ayam pun gak ogah2 banget.
> so, could i say that it is just because og my rest style? what about
> [...]

Kirim email ke