Mbak Maria,

Setahu saya sih tergantung sama sekolah masing-masing. Kalau sekolah bagus
tentunya karena pendaftarnya banyak sehingga dia bebas aja ngasih seleksi
untuk calon muridnya. Dari beberapa pengamatan saya (setahun kemarin
kebetulan adik saya ada yang masuk SD), setelah mencari informasi ke
beberapa SD di daerah Kebon Jeruk (SDN sampai Swasta Islam dan Umum)
ternyata ada berbagai syarat yang musti dipenuhi oleh calon murid, antara
lain :

1. lebih diusahakan anak-anak yang berumur diatas 7 tahun, boleh dibawah itu
tapi tidak kurang dari 6 tahun dengan syarat calon murid tersebut telah
lulus test tertulis dan wawancara.

2.  ada test atau uji kemampuan si calon murid dalam pengetahun membaca,
menulis, dan berhitung, serta kemandirian si anak, kemampuan komunikasi si
anak, dll.

Selain itu, ada tambahan lagi misalnya bayar uang formulir dan tak jarang
malah ada form khusus yang menanyakan kemampuan atau kesediaan orang tua
untuk menyumbang ke sekolah secara berkala(sebagai donatur bulanan buat
kesejahteraan guru), dll.

Demikian informasi saya, semoga  berguna buat bapak or ibu yang mau
mendaftarkan anak2nya ke sekolah.

Rgds,
Ayahtasha