To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, April 12, 2006 11:07 AM
Subject: Re: [balita-anda] otitis lagi

Dear Mbak noni, ini aku masih ada kumpulan artikelnya.

rgds
Rini

Jika ciri khas dari otitis media adalah begitu disentuh saja sedikit
telingannya, maka ia akan kesakita luar baisa.
Utk memastikan gak salahnay juga utk periksa ke dsa ataupun THT.

Hmmm minum susu botol sambil tiduran ?!
Waks jangan dong darling.
Kan saat masih balita, saluran tengah telinga itu connected dan terbuka
lebih lebar.
Krn itu anak2 yg minum susu botl sambil tiduran relatif mudah terkena otitis
media.
Tpai sebaliknay ini gak berlaku jika anak menyusu sambil tiduran.
Krn fase ataupun mekanisme keduanya relatif beda.

Moga membantu
Luluk

===================================================================================

berikut sharing postingan dari sehat group

Infeksi telinga

Question : saya mo nanya nich mbak, mbak ada bil kl minum susu pake dot bisa
infeksi telinga, itu bisa gara2 apa ya mbak ? soalnya anak saya (kevin) kl
minum susu pasti sambil tiduran disanggah bantal.soalnya dia belom bisa
pegang botol susu sendiri (9 bulan).kalo mimi susu dengan dot selalu sambil tiduran. walau tidak tidura sekali, disangga bantal tinggi seluruh badannya. jadi kayak setengah duduk. Soalnya Ara belum bisa duduk sendiri (5,5 bulan).
Nah, kalo diminumin sambil duduk, disangga pengasuhnya, dia malah gak mau
mimi sama sekali. malah main-mainan dotnya. trus susunya tumpah2 kemana2,
karena dia tidak fokus miminya. sedang kalo sambil setengah tiduran, dia
fokus, mungkin sambil melihat mimik wajah yang memberinya susu.gimana ya...
erlin st

Answer 1 : Mbak Erlin,Aku copy paste dari babycenter.com mengenai penyebab
ear infections yach.Cairan yang masuk ke lubang telinga anak kita itu bisa
disebabkan saat anak kita ngedot sambil tiduran. Gimana klo Kevin dilatih
ngedot sambil duduk, dotnya dipengangin mamanya atau BS nya juga bisa tapi
posisi Kevin duduk, bisa duduk sambil senderan ke dinding atau bantal yang
empuk. Hal itu saya latih ke Ruth juga dan dia sekarang mau aja ngedot
sambil duduk even sejak saya latih itu sebetulnya dia lebih seneng mik susu
dari cup pake sedotan karena klo ngedot sambil duduk kan agak susah ya
gampangan pake sippy cup or sedotan. Ya malah bagus sih biar dia nggak
addicted to dot juga, nggak bikin susah hehehe..What causes ear
infections?An ear infection results when fluid and bacteria build up in the
area around your baby's eardrum. Normally any fluid that enters this area
leaves pretty quickly through the Eustachian tube (which connects the middle
ear to the back of the nose and throat) when your baby yawns or swallows.
But if the Eustachian tube is blocked - common during colds,sinus
infections, even allergy season - it traps the fluid in the middle ear.
Bacteria like to grow in dark, warm, wet places, so a fluid-filled ear
becomes the perfect breeding ground. As the infection worsens, so does the
swelling in and around the eardrum, and, as a result, the pain.Fever
develops as your baby's body attempts to fight the infection.Babies are
particularly susceptible to ear infections because their Eustachian tubes
are short (about 1/2 inch) and horizontal. As they grow to adulthood, the
tube triples in length to 1 1/2 inches and become more vertical, so fluid
can drain more easily. Ear infections are one of the most common childhood
illnesses. Although there are no statistics on how many babies get them, the
American Academy of Pediatrics expects that most children will have gotten
at least one ear infection by the time they turn 3.
Salam,
Dewi

Answer 2 : Mbak,Coba ikutan ya..Kalau bryan mimik semenjak bisa duduk dan ga
bisa diam, botolnya diberi sedotan yang bisa nempel di dot. Sehingga dia
lebih leluasa minum sambil tangannya maen. Sehingga acara mimiknya juga jadi
menyenangkan. Botol seperti ini bisa dibeli langsung dengan sedotannya (1
set) atau bisa beli sedotannya saja.Sedotan ini ada pemberatnya, jadi bukan
dari jenis sedotan biasa.semoga membantu
lenny, mama bryan

Answer 3 : Moms,aku cuplik kan jawaban dokter Wati dari Bunga Rampai 20A
mengenai ngedot sambil tiduran yach.
SELVI MIMIK BOTOL SAMBIL TIDURAN
Selvi, saya pernah membahas bahwasanya anak jangan dibiasakan berangkat
tidur sambil minum susu artinya jangan dibiasakan tiduran sambil minum
botol, baik dengan atau tanpa bantal. Kamu benar, selain infeksi telinga
juga jadi bottle decay alias gigi keropos karena susu Ok perlahan diubah
deh, minum 1 jam sebelum bobo lalu bersihkan gigi anak.Aduuuh maaf nature is
calling mesti menyiapkan makan malamciaogood luck
Wati
Salam,Dewi

Answer 4 : Mba Erlin,Saya coba bantu dengan mengirim artikel dari dr. Sears yg pernah dikirim mbak Arie sebulan yll.Does breastfeeding while lying down
cause ear infections?"After 10-11 months of nothing worse than a cold, my
one-year-old daughter has had constant ear infections. I know that giving a
child a bottle while lying down can contribute to ear infections, but what
about breastfeeding while lying down? We have recently started co-sleeping
full time to allow me to get more sleep, so I am feeding her lying down all
night. Could this be contributing to her ear infections?" It is true that
drinking formula or juice while lying down can increase the risk of ear
infections. This is because the liquid can enter the eustacian tube and
introduce bacteria or viruses into the middle ear.The many germ-fighting
ingredients in human milk keep harmful bacteria from bothering baby, so that
stuffed-up noses and ears are less likely to become infected middle ears.
Because breastfed babies are fed in a more upright position, they're less
likely to experience milk backing up through the eustachian tube into their ears; if this does happen during a breastfeeding session, human milk is less
irritating to the tissues of the middle ear than infant formula. Breastfed
babies have fewer, or at least less severe, colds than formula-fed babies.
Fewer colds means fewer ear infections. Breastfed babies have fewer
respiratory allergies,another cause of fluid building up in the middle ear,
which setts the stage for bacteria to grow.
Semoga membantu,
Tera

Answer 5 : Mbak Erlin,Memang sulit melatih anak kita mengubah kebiasaannya.
Tapi itu semua perlu dilatih. Lama2 dia pasti bisa deh mbak, walaupun
awalnya agak sulit. Disinilah kita jadi belajar sabar dan telaten. hehehe
Kebetulan anak saya (Nat, 8 bln) nggak mau minum pake dot, jadi dia gak
pernah minum sambil tiduran. Tapi waktu awal ajarin dia minum susu
disendokin juga susah banget banyakan yg tumpahnya. Tapi lama2 dia terbiasa juga. Sekarang saya lagi mau ajarin dia minum pake training cup. Susah juga tapi mau nggak mau harus dicoba. Kan ada pepatah Alah bisa karena biasa Jadi
kalo nggak dicoba dan dilatih terus, anak kan nggak akan pernah bisa. Coba
ajar Naufal pelan2 untuk mengubah kebiasaannya. Semoga berhasil ya....Semoga
membantu,Tera

Answer 5 : wah, makasih nich artikelnya,. ngebantu banget deh.aku udah coba
kasih mimik susu ke kevin sambil duduk. dia oke2 aja tuh walaupun kadang2
botolnya dibuat maenan..he..he.. oh ya, ruth waktu bisa minum pake sedotan
umur berapa ya? aku juga mo cobain kevin minum pake sedotan juga nich (dia
baru 9 bulan sich, tau bisa ngak pake sedotan..^-^)oh ya para SP,aku mo
nanya nich, kevin (9 bln) khan lagi mo saya belajarin pake pupy training
(itu lho bebek2an buat pup..^0^) nah tapi dianya ngak mau duduk disitu.
susaaaahhh banget. sampe cape deh kl mo dudukin dia disitu. abisnya
tenaganya kuat banget..walhasil jadinya pupnya sambil berdiri
deh...he..he..para SP bisa kasih masukan ngak ke saya gimana caranya biar
dia mo duduk disitu, soalnya udah dibujuk segala cara tapi kevin tetep aja
ngak mau...makasih ya semuanya
erlin st

Answer 6 : Mba Erlin,Memang butuh kesabaran dan ketelaten untuk melatih anak kita agar mandiri, dulu waktu putra saya usia 7bln udah mulai duduk sendiri saya coba latih pupnya di toilet dan kebetulan saya ga pakai toilet training
yang model bebek dan sejenisnya, saya mempergunakan toilet training yang
lingkarannya lebih kecil terus kakinya disanggah sama tangga kecil sehingga
posisi si kecil spt kita duduk, jadi pada waktu mengejan dia punya pinjak
untuk menekan. Awalnya ga mau lalu setiap pagi akan puppy saya selalu
bernyanyi dari awal masuk toilet sampai bersih2 jadinya si kecil senang atau
saya bercerita sambil mengenalkan nama2 benda yang ada dikamar mandi,
hasilnya si kecil ga pernah takut lagi puppy ditempatnya hingga
sekarang.Semoga membantu,
Efi_Andra's mom

Answer 7 : Mbak Erlin,syukurlah kalau Kevin mau belajar nge dot dengan duduk
emang butuh kesabaran kok. Ruth bisa mik dari sedotan waktu umur 8 bulan.
Sejak umur 7 bulan saya udah ajarin pake sippy cup tapi dia nggak suka malah akhirnya mik langsung dari gelas belum kepikiran pake sedotan. Pas baca-baca
babycenter baru kepikiran ngajarin dia mik pake sedotan dan hanya trial 2
hari dia langsung bisa :-) Mengenai toiler training terus terang saya belum
praktek kan ke Ruth, nunggu nanti dia umur 1 tahun. Lagi-lagi dari teori
membaca sih..tapi kalau mau dikenalin toilet training earlier sih juga nggak
pa pa lebih bagus ya sepertinya. Saya aja nih yang masih maunya adem ayem
dulu hehehe...nunggu sebulan lagi sebelum ngenalin Ruth toilet training :-)
Dewi.

Answer 8 : Mba Erlin,Semoga ini bisa membantu... Ini hanya sebagian kalo mau
lengkap bisa buka
EIGHT MAIN SYMPTOMS OF AN EAR INFECTION
Your child may have 2 or more of these symptoms:
1.. Cold symptoms - keep in mind that ear infections are almost always
preceded by a cold. Often a clear runny nose will turn yellow or green
before an ear infection sets in.
2.. Fussiness during the day or night
3.. Complaining of ear pain or hearing loss
4.. Night-waking more frequently
5.. Unwillingness to lie flat
6.. Fever - usually low grade (101

¨¬ - 102¨¬); may not have a fever.
7.. Sudden increase in fussiness during a cold
8.. Ear drainage - if you see blood or pus draining out of the ear, then it is probably an infection with a ruptured eardrum. DON'T WORRY! These almost
always heal just fine, and once the eardrum ruptures the pain subsides.
YOUR CHILD IS ULIKELY TO HAVE AN EAR INFECTION IF:
1. No cold symptoms - if your child has some of the above symptoms but does not have a cold, an ear infection is less likely, unless your child has had
an ear infection in the past without a cold.
2. Pulling at the ears or batting the ears in infants less than 1 year of
age. Infants less than one are unable to precisely localize their ear pain.
This means that they cannot tell that the pain is coming from the ear or
from structures near the ear. Infants can pull on or bat at their ears for
two other common reasons:
a.. Teething - Baby thinks the pain from sore gums is coming from the ears
b.. Because they like playing with their ears - Infants are fascinated with
these strange appendages that are sticking out of the side of their head.
They love to explore them, play with them, and especially to stick their
finger into that strange hole in the middle.
3. No complaints of ear pain in a child who is old enough to tell you,
usually by age two or three.
DR. SEARS ADVICE
Pulls At Ears. Infants often pull on their ears simply to play with them.
Ear pulling in the absence of the above signs is unlikely to signal an ear
infection.
HOW CAN I TELL IF IT'S AN EAR INFECTION OR JUST TEETHING?Are you tired of
taking your fussy baby into the doctor just to check her ears, only to be
told its probably just teething? TO help you decide, with teething:
a.. Pain usually starts at four months of age and will come and go until the
two-year molars are in. b.. Tugging or digging at the ears with no cold
symptoms or fever
c.. Fussiness or night waking with no cold symptoms or fever
d.. May have low fever less than 101
e.. Teething does not cause a runny nose, only drool.
Salam,
Tera

Answer 9 : Dear allMaaf belum bisa menaggapi milis Ada 2 yg saya pilih utk
ditanggapi ,Donna Kalau flu berat kan hidung, terliunga, tenggorokan,
semuanya sembab nah kalau tuba eustachius sembab, otomatis tekanan udara di
dalam telinga tidak sama - sehingga telinga terasa sakit Sama sekali bukan
berarti ada infeksi bakteria dan harus dapat antibiotika Coba uapin panas,
taruh botol isi air hangat di atas telinganya, berikan parasetamol dan
observe kalau flunya membaik pasti telinganya gak sakit lagi
wati

Answer 10 : Mbak Erlin,Aku copy paste dari babycenter.com mengenai penyebab
[...]

Answer 11 : Dear}koreksi jugaBelum tentu ingus ijo itu infeksi apalagi anak
kecil seperti rafi.Mamanya Andra sudah benar kok Buat yg ikut paket 2 - di
buletin ada greenish runny nose, barangkali bisa di share sama milis
wati

Answer 12: Mbak Erlin,Bener, emang minum sambil tidur bisa menyebabkan
infeksi telinga. Hallain yang juga penting adalah kalau minum botol sambil
tiduran kan menimbulkan masalah pada perkembangan gigi dan rahang
anak.Sebaiknya sih kalau malam dan ingin minum, biasakan untuk memberikan
minum sambil duduk atau dibangunkan. Waduh, saya dulu ngajarin aimee susah
untungnya aimee gak minum botol tapi langsung ke trainng cup.Jadi mau gak
mau dia harus bangun kalau mau minum.Semoga membantu.
Cheers,
arie

Answer 13 : Mbak,Sekali lagi penyebab infeksi telinga (otitis media) ini
tidak semata2 minum sambil tidur aja lho... tapi minum sambil tidur beresiko
menyebabkan infeksi tadi. Salah satu pennyebabnya adalah pilek yang
berkepanjangan.Kalau inget2 seminar dr. wati, kenapa minum susu sambil tidur
bisa menyebabkan infeksi adalah karena cairannya bisa menekan dan masuk ke
middle ear. Dibawah ada artikel dari dr.
Sears.http://www.askdrsears.com/faq/bf8.aspDoes breastfeeding while lying
[...]

=================================================================================

Pak Rahman,
Anaknya sering minum sambil tiduran yah?bs jadi
otitis media nih.. alias radang telinga tengah
Sependek penget aku dr milis sebelah nih begini

soal kenapa bisa menjadi otitis media, di kepala
terdapat "terowongan" kecil namanya eustachian tube yg
menghubungkan telinga, hidung & tenggorokan
(THT)...pada anak, lubang tsb masih kecil dan
cenderung datar sehingga cairan yg masuk ke telinga
tidak mudah di keluarkan...jadi kalau anak minum
sambil tiduran, ada kemungkinan sebagian cairannya
masuk ke
telinga tapi tidak keluar lagi, kena jebakan batman
deh...

cairan yg menggenang didalam telinga bag. tengah ini
merupakan kondisi yg ideal bagi mikroorganisme untuk
hidup & tumbuh...kalau ada bakteri yg nangkring dan
bertambah jumlahnya bisa menyebabkan otitis media itu
deh...tapi semakin besar si anak, kemungkinan terkena
otitis ini semakin
kecil karena lubangnya semakin besar dan juga semakin
landai menurun, tidak datar lagi

Gejala otitis media:
- Umumnya terjadi pada bayi berumur 4 bulan-anak usia
5 tahun.
- Telinga sakit.
- Demam.
- Anak suka menarik/menggaruk telinga.
- Pendengaran dan nafsu makan menurun.
- Keluar cairan kuning atau darah dari dalam telinga
(sangat jarang terjadi).
- Seringnya terjadi following ISPA, spt. colds, krn
dpt menyebabkan  radang & penyempitan eustachian tube.

Klo pengobatannya sih konsul ama THT aja.. but bs
dihindari dg tidak membiasakan anak minum sambil
tiduran.

"Noni Mira Timotius" <[EMAIL PROTECTED]> on 04/12/2006 11:07:17 AM

Please respond to balita-anda@balita-anda.com