Hi mbak Ela,

he..he.. jangankan mbak yang pernah caesar 1x, saya yang lahiran
normal 2x aja didampingi oleh DSOG yang 'lebih panik' dan hampir gave
up untuk caesar ... :)  Waktu itu modal saya selain banyak doa,
jalaann and bergeraakk terus di ruang persalinan.  Jadi walau sudah
ada 'vonis' untuk caesar 3-4 jam lagi, bukaannya langsung 'ngebut'
sebelum 'dead-line' time he..he..

Saya kurang tahu apa penyebab 2x kegugurannya mbak.  Apa memang
keguguran 'spontan' atau memang DSOG tahu apa penyebabnya ... jadi
beliau bisa perkirakan bahwa itu termasuk 'penghambat' niat persalinan
normal di kemudian hari.

Gimana kalau ikuti caranya mbak Arlita, dicoba untuk bersalin normal
dulu. Dengan harapan .. siapa tahu anak ke-2 bisa lebih 'lancar'
proses persalinannya. Biar DSOG-nya nanti sudah siapkan 'peralatan
perang' untuk surgery, 'minta waktu' untuk tunggu bukaannya bisa maju
sampai lengkap untuk bersalin nanti (tentu plus pengawasan ketat dari
staff medis nantinya).

Good luck, mom Ela :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena