Menurut saya imunisasi Campak boleh saja diberikan pada usia 2 tahun asal anaknya belum pernah sakit campak, kalau sudah pernah kena campak otomatis sudah punya antibody khan jadi vaksinasi tidak diperlukan lagi.

Kalau tidak di vaksin Campak, yach kemungkinannya bisa terkena campak, memang vaksinasi bukan jaminan tidak bisa kena penyakit ybs, cuma kalau memang sempat terjangkit tuch penyakit kadarnya lebih ringan daripada belum divaksin. Keponakan saya sudah divaksin MMR tapi masih kena MUMP, cuma saya lihat memang ringan, cuma demam sedikit dan lehernya tidak bengkak banget, cuma ada rasa sakit sedikit yang mengganjel. Saya pikir sich vaksinasi sangat perlu yach, buat tameng anak kita terhadap penyakit.

On Thu, 10 Jul 2003 14:32:10 +0700