bukannya memang ada mahasiswa yang magang di HR? bukannya yang dari fak.
psikologi ujung2nya jadi HRD? hehehehe...hanya pengalaman temen dari psiko
kebanyakan emang gitu..

part of HRD kan juga ada pekerjaan administrasinya, misalnya filing, data
compiling. selama ndak mengungkapkan rahasia psh, ya boleh2 aja kok, mbak.

aku dulu pernah jadi mentor 1 mahasiswa. mayan lama, bo, 1 tahun. ya awalnya
siy aku tanya ke dia, ekspektasinya kayak apa siy. dalam gambarannya, dia
bakalan ngapain siy? nah, kalo qta dah tahu ekspektasinya dia apa, kita juga
bisa set ekspektasi qta kayak apa. ya kaya nerima pegawai baru aja, cuma
ndak kompleks banget. dari situ qta bisa match-in ekspektasi masing2.
trus, qta bisa aja ngasih satu project kecil ke dia (terutama kalo waktunya
banyak). tujuannya juga u/ implementasi ilmunya dia. yang magang ke aku aku
suruh buat database inventory. kita memang butuh itu, dan dia emang dari
background IT.

trus, di akhir kerjaan, qta review bareng2 hasil kerjanya. dan along the
time, biar dia ndiri yang ambil pelajaran ttg dunia kerja. wajar dimarahi
(dikasih tahu kesalahannya) jika misalnya dia dah dikasih guideline tapi
masih salah juga. kalo belon dikasih tau dia buat salah, ya yang salah
mentornya dunk.

pegimane entu? ini kasus u/ yang mahasiswa, yak...