Mbak Enni,
Matanya sanino merah gak ?
Kl gak berarti cuman penyumbatan saluran air mata aja.
Gpp kok. tinggal di massage sendiri aja.
Ini aku copy paste jawaban dr teman aku yg kebetulan dokter mata ketika Viany mengalami hal yg sama seperti Sanino. Ini juga mungkin bisa menjawab pertanyaan mbak Irma sekalian.

==================
Dear dr. Ine,
Maaf ya dok kalo saya tiba2 japri langsung ma dokter.
Saya mo tanya nih soal matanya Viany (21 mos).
Matanya dia kemaren tiba2 belekan terus.
Saya takut kalo dia kena radang lagi. Sewaktu bulan desember kemarin Viany juga pernah kayak gitu. Sewaktu bln desember itu awalnya dibawah matanya (kantung mata gitu deh) agak membengkak sedikit trus matanya jadi berarir & belekan gitu, banyak banget sampai dia kesulitan kalo mo buka mata. Sama dsa nya dia dikasih obat tetes cindoxintrol 3x2 tetes (CMIIW ya..agak2 lupa namanya sih). kata dsa nya sih radang. Tiap kali ditetesin matanya dia selalu jerit2. Tapi saya liat di matanya itu gak ada luka sama sekali. Saya juga selalu menjaga agak dia tidak ngucek2 matanya.
Waktu itu sembuh dalam waktu 1 minggu lebih.

Kira2 kenapa ya dok kok mata Viany bisa gitu lagi.
Saat ini sih beleknya emang gak separah sewaktu desember kemaren tapi sudah mulai agak banyak.
Treatment apa yang harus saya lakukan ??
Apa obatnya yg dulu itu boleh saya pakaikan lagi ke dia??
Kondisi matanya dia saat ini agak2 berair, belekan tp tidak merah.
Kayaknya matanya dia juga suka senut2 gitu sakit (soalnya dia tiba2 bisa nangis kayak kesakitan gitu & setalh senut2nya ilang dia balik ceria spt biasa)
Apa ini cuman penyumbatan saluran air mata saja ato gimana ??
Saya bingung kok dia ngerasa sakit & anak jadi gak nyaman. Padahal sewaktu baby dia tidak pernah mengalami hal ini.
Apa yang menyebabkan terjadinya penyumbatan itu?
Mohon pencerahannya ya dok.
Terima kasih banyak..

Patty -Viany's Mom-

====================
Mbak Patty,

Kl memang konjungtivitis sih, memang mudah sekali untuk berulang. Apalagi skrg memang lg musim sakit mata nih.

Sedangkan utk obatnya, saya sih tidak akan kasih xitrol. Xitrol itu isinya antibiotik dan steroid. Antibiotiknya sih oke2 aja, walaupun mnrt saya tetap aja terlalu 'hebat' untuk suatu konjungtivitis, apalagi pada anak2. Yg harus lebih diwaspadai, justru steroidnya. Dgn steroid, memang mata akan lebih cepat putih. Biasanya yg pake juga seneng, krn secara subjektif keluhan yg dirasakan juga jauh berkurang. Krn keluhan cepat hilang, begitu merah lagi, biasanya suka langsung pake xitrol lagi (kl tanya di apotik juga pasti dikasihnya xitrol deh ..). Krn pemakaian berulang dan tidak terkontrol, steroid bisa menimbulkan efek samping jangka panjangnya yg paling bahaya adalah glaukoma, selain juga katarak. Glaukoma bisa menyebabkan kehilangan penglihatan yg ireversibel. Sedangkan katarak, bisa dikatakan less dangerous, krn bisa dilakukan operasi, jadi masih reversibel.

Kembali ke mata merahnya, yg dirasakan bila konjungtivitis adalah gatal, rasa seperti mengganjal (spt berpasir), berair. Org dewasa aja terasa terganggu dgn keadaan ini, apalagi anak2. Obat, mbak Patty bisa kasih Viany obat tetes cendo fenicol 0.25% kemasan minidose ditetes selang 2 jam, satu tetes saja. Semua obat tetes, pasti sebagian akan tertelan, tp gpp. Hanya yg perlu diketahui, fenicol ini rasanya pahit di tenggorokan. Jadi sesudah ditetes, tekan saluran pembuangan air mata (di ujung mata sebelah dalam, sedikit agak ke bawah, di bawah seperti 'titik kecil' di kelopak mata bawah) kira2 dalam 15 hitungan, supaya tidak tertelan. Kalau susah ditetes, pake yg salep saja (tp mnrt saya sih lebih tidak nyaman ya).

Kalo penyumbatan, tidak akan merah, dan tidak terasa gatal. Hanya berair saja, dan kadang2 ada kotoran.

Untuk mencegah penularan, krn ini spt pilek, bisa tek tok gitu, sering cuci tangan, bantal, handuk sendiri.

Mudah2an membantu.

Ine.
=========
Wah terima kasih atas quick responnya dok.

Viany matanya sih nggak merah sama sekali.
Gejala yg dirasakan Viany hanya : belekan & mata berair + kadang senut2 gitu.
Jadi kemungkinan besar mah hanya penyumbatan ya dok ??
Kenapa bisa terjadi penyumbatan spt ini ya dok? Padahal semenjak baby dia nggak mengalami hal spt ini.
Kalo penyumbatan (bukan konjungtivitis) emang bisa berulang juga ??
Sebab setelah saya baca penjelasan dokter di bawah ini sih kayaknya sewaktu desember kemarin ini juga matanya Viany bukan iritasi tetapi penyumbatan juga.
Kalo garamycin drop itu buat apa ya dok ??
Ada teman saya yang menyarankan pake itu tp saya gak pernah beli obat itu.
Thanks

Patty

Kl penyumbatan sih bisa terjadi kapan aja. Kl anak2 sih penyebabnya terutama aawalnya krn kotoran mata yg menumpuk di dekat saluran pembuangan air mata, jadi bisa aja dulu nggak ada, trs skrg ada.

Nggak usah pake obat2 juga bisa membaik kok. Garamycin sendiri juga antibiotik, isinya gentamisin. Krn penyumbatan itu etiologinya (penyebabnya) bukan infeksi, jadi untuk apa pakai antibiotik (logis nggak?). Dgn massage biasanya membaik kok mbak Patty.

Cara massagenya udah bisa kan?

Ine.