Sabtu kemarin aku da praktek dan hasil pempeknya lumayan, pak. Suamiku
doyan banget :))
(resepnya aku cari di internet dan ditambah masukan dari Om BA :) )

Resep pempek :
1 kg sagu
(kalo bisa sagu yg ada mereknya. katanya nanti hasilnya lebih terang)
1 kg ikan tenggiri
garam secukupnya

Rersep cuko :
1. Gula Aren (katanya biar rasanya lebih top)
     karena kemarin ga ada gula aren aku pake 5 buah gula merah biasa.
2. Air 1 panci kecil (sorry ga pake ukuran)
3. Bawang putih 10 pcs (dihaluskan)
4. Cabe rawit 12 pcs / secukupnya (dihaluskan)
5. Ebi secukupnya (dihaluskan)
6. Garam secukupnya
7.  1 sdm kecap manis

Caranya :
1. Daging Ikan tenggiri di kerok tipis2 pake sendok sambil di bersihin
tulang2 nya.
2. Campur daging ikan tenggiri dengan air secukupnya lalu diulenin sampe
rata.
3. Masukin sagu dan garam lalu diulenin lagi sampe rata.
4. Bentuk pempek bulat panjang (lenjer) atau bikin adonan bulat lalu diisi
dengan telor (kapal selam)
5. Rebus di air mendidih yang banyak. Kalo da mengapung -/+ 5 menit angkat
dan tiriskan.
kalo mo bikin pempek kulit tinggal kulit ikannya digiling lalu campur air
secukupnya. kalo da rata masukin garam dan sagu.

Cuko :
1. Rebus air dan gula aren sampe menyatu lalu saring dan buang kotorannya.
2. Rebus lagi air gula sampe mendidih lalu masukin ebi, rawit, bawang
putih, garam dan kecap manis.

Goreng pempek lalu potong2 dan siram dengan cuko hmm ... nyamiiii
lebih enak lagi ditambah timun dicacah dan mie kuning.

CATATAN :
Kalo adonan pempek da dimasukin sagu jangan di tambah air lagi.
Nanti kalo direbus tengahnya ga mateng.

Good luck ya

ika
bunda alvero n davina
www.alvero.multiply.com

Bambang Agustutianto <[EMAIL PROTECTED]>
05/10/2006 07:53 AM
Please respond to
balita-anda@balita-anda.com

balita-anda@balita-anda.com
cc

Subject
RE: [balita-anda] OOT (Q) : Resep Pempek dan Otak-otak

pempek yg keras itu justru ga pake bahan kimia...
bahan kimia buat pempek:
-perisa ikan
-pemutih
-pelembut/pengenyal