Mbak Tere,
anak saya juga nggak masuk PG, itu udah komitmen kami ortunya, lagi pula
alm. eyangnya pernah pesan "cucuku jangan disekolahin dulu, yah (maksudnya
PG)...nanti setres!"
hehehe...emang gitu yah?

jadi dirumah aku belikan aja mainan yg mendidik serta buku2 cerita,
crayon, buku mewarnai dsb dan kami lakukan kegiatan brmain & belajar
bersama dirumah. Dan untuk sosialisasinya, kami sering mengajak dan
mengenalkan anak kami ke sanak family supaya dia tahu silsilah keluarga,
siapa bude/pakdenya, om/tante dll, dan bermain dgn sepupu2nya.
Kalau main dengan anak2 sekitar rumah, harus extra pengawasan, sebab
kadang mereka bahasanya kurang bagus (kasar) dan kelakuanya juga kurang
sopan (suka memukul, nglepak kepala, meludah, dsb)

Alhamdulillah, waktu observasi masuk TK dia nggak ada masalah dengan
sosialisasi, baik terhadap guru2 maupun teman2 sekolahnya.
Jadi setuju banget kalo dirumah kita juga perlu membangun lingkungan yg
mendidik...

thanks Mbak buat sharingnnya

rgds,
Tika