Berikut perbandingan asuransi bea-siswa vs deposito

Contoh Manfaat:

Premi pertahun Rp 2.000.000 / thn dibayar selama 18 thn

manfaat tahapan dana masuk sekolah:

thn    jenjang sekolah    besar tahapan
6      TK                      Rp 3.600.000
7      SD                      Rp 3.600.000
13    SMP                   Rp 5.400.000
16    SMA                   Rp 7.200.000
18    Universitas          Rp 14.400.000
19    sisa tahapan        Rp 10.253.574

Hasil analisa:

1. Dibandingkan dengan manfaat asuransi seperti diatas, maka
   jika anda menabung secara rutin dengan asumsi return 10 %
   selama 18 tahun, maka disamping mendapat tahapan diatas
   maka akhir tahun ke 19, masih ada saldo sebesar Rp 47 jt,
   atau 4 kali lipat dibanding saldo diprogram bea-siswa diatas
   yang sebesar Rp 10.253.574

2. Dengan asumsi menabung seperti point (1), maka jika sese-
   orang ingin mendapat manfaat seperti program asuransi bea-
   siswa tersebut, seseorang cukup menabung selama 8 kali,
   bandingkan dengan program beasiswa diatas yang harus
   membayar premi hingga 18 kali.

3. Kelemahan deposito yang tanpa proteksi, sebenarnya bisa
   diabaikan karena untuk membeli proteksi diatas senilai kurang
   dari Rp 50.000.000 , cukup menyisihkan untuk membayar
   premi tidak lebih dari Rp 150.000 / tahun.

Terima-kasih untuk bu Suyanti yang telah berbaik hati mengirim
contoh kasus polis bea-siswanya, semoga analisa ini menambah
pemahaman rekan-rekan milist BA, agar lebih pandai lagi dalam
memahami masalah asuransi yang sebenarnya tidak sulit.

Teriring salam

F.Rasdi LUTCF

----- Original Message ----- From: "suyanti" <[EMAIL PROTECTED]>