betul mba, anaku waktu lahir cuman ngagoak ;p 2x, kata dsa-nya normalnya 8x oaaa..oaaa.. stlh bbrp saat ditepuk2 br deh dia nangis kenceng..... but tetep aja aku sedih, aku ga bisa dgr bayiku nangis pertama kalinya (tp semua dh berlalu yg penting kami selamat dan bayiku sehat)..
dsa-nya blng, jarak aman hamil lg kalo mau normal tunggu anak usia 3 thn...

irma
----- Original Message ----- From: "Ela Elviana" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Wednesday, May 31, 2006 11:03 AM
Subject: Re: [balita-anda] cesar, bius lokal ato total

kalo memungkinkan ya pilih normal aja mba ;)

hmm sbnrnya stiap tindakan kan ada resikonya, even yg lahiran normal pun ada
risikonya...cuma mslh pilihan saja mana yg terbaik buat diri kita.

utk bius total resikonya lbh kpd bayinya, ada kmungkinan obat biusnya msk
kedalam peredaran darah bayi melalui plasenta. Akibatnya pd saat dilahirkan
bayinya kurang responsif (teler), tdk lgsng menangis, dll.

dan biasanya dktr lbh prefer utk bius lokal dulu, kec ada indikasi medis
lain or trauma baru bius total. Jd ya sbaiknya diskusikan dl dgn dktr mana
yg terbaik sesuai dgn kondisi diri sendiri :)

btw, skrng kl bius total gak pake bekep2an mba...tp disuntik lewat nadi
ditangan.