Dear Mbak Hikmah & rekan2 semuanya,

Anak saya James baru berjalan pada usia 1 tahun 4 bulanan dan saat itu pun
s/d umur menjelang 2 tahun jalannya agak jinjit dikit dan belum pas benar,
kakinya memang agak kayak saya ada legokan dikit. Kan telapak kaki itu kalau
kita lihat memang ada 2 jenis yang telapak rata dan telapak agak legok
tengahnya. Demikian juga dia ngomongnya rada lama umur 2 tahun belum bisa
ngomong lancar baru mama, nu nu nu (mau minum susu) dan bahasa planet
lainnya yang cuma dimengerti oleh saya, pembantu dan suami saya. Dia baru
berjalan tidak jinjit (kaki pas menginjak tanah) serta tidak oleng lagi pada
usia 21/2 tahunan dan baru berkata-kata dengan lancar banget pada usia 4
tahunan. Sekarang sih dia normal2 saja, sudah TK B cuma memang agak
hiperaktif kelakuannya gitu yang membedakan dia dari anak yang lain.
Menurut saya sih kalau normal2 saja perkembangannya, kenapa harus ke klinik
gitu. Soalnya berdasarkan pengalaman saya dengan dua DSA yang pernah
mengobati dan menangani anak saya yaitu DSA Dwi Putro dan satu lagi saya
lupa namanya di RSPAD Gatot Subroto di Balita Tumbuh Kembang, mereka hanya
menanyakan kapan anak kita tengkurap, kapan mulai berjalan, berat waktu
lahir dan saat lahir (prematur apa nggak) kalau dilihatnya normal2 saja
perkembangannya menurut mereka sih anak kita tidak usah diapa2kan.
Kalau masalah terlambat bicara, mungkin pengasuhnya tidak bawel dan kurang
mau mengajak ngomong anak. Anak saya juga dulu begitu agak terlambat ngomong
karena di rumah kebanyakan diam. Akhirnya karena dia masuk play group setiap
hari pas umur 2 tahun 2 bulan untuk sosialisasi, pas umur 3 tahunan
ngomongnya sudah agak mendingan.

Gitu saja sharingnya.

Rgrds,
Lilis