From: Meutia Miranti [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Friday, June 23, 2006 1:29 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: [balita-anda] Tanya : Jatuh - Salah Urat? (+batuk)

 Dear all,

Rabu malam yl anak saya, Zakki, 4 th, jatuh karena main dorong2an dengan
kakaknya.
Waktu jatuh itu, tangannya tertimpa badannya (yang lumayan berat, 23
kg).
Setelah itu, malam dia mengeluh kesakitan dan gak mau angkat tangannya
karena sakit katanya.
Semaleman itu dia beberapa kali bangun karena kesakitan dan agak demam
(mungkin dipengaruhi juga oleh hidung mampet & batuk, dia sudah 3 harian
flu).

Kamis pagi saya bawa ke DSA.
Setelah diperiksa oleh DSA, karena tangannya kelihatan sedikit bengkak,
diminta untuk rontgen, dikhawatirkan ada tulang yang retak.
Dari hasil rontgen, Alhamdulillah tulang Zakki baik2 saja, tidak ada
yang
retak.

Kemudian DSA memberikan obat puyer (bisolvon, CTM, dextromethorphan,
kenacort) dan novalgin.

Dua obat tsb sudah saya berikan ke Zakki (3 kali dengan pagi ini),
batuknya
sepertinya mereda, tapi tangannya masih anget-anget gitu.
Kalau saya tanya Zakki, dia bilang sih sudah tidak sakit lagi, dan dia
sudah
bisa angkat tangannya. Pagi ini dia sudah mau sekolah.

Pertanyaannya :
1. Karena tangannya masih anget terus, apa mungkin ada salah urat?
Tanda2
kalau salah urat itu bagaimana ya? Kira2 apa perlu ke dokter ortopedi
atau
ke pijat salah urat? Jika benar salah urat dan gak saya tindaklanjuti,
apa
akan ada dampak secara jangka panjang?
2. Kalau ternyata perlu pijat atau terapi lainnya, mohon referensi
dokter
ortopedi atau pemijat salah urat yang baik.

Demikian, mohon masukan yaa, terima kasih banyak sebelumnya.

Meutia

Kirim email ke