  From: Sylvia Radjawane
  To: balita-anda@balita-anda.com
  Cc: [EMAIL PROTECTED]
  Sent: Thursday, June 29, 2006 10:28 AM
  Subject: Re: [balita-anda] Cuci boneka

  Hi mbak Renny,

  Belum pernah coba sendiri, tapi pernah simpan summarynya di arsip  waktu
topik ini dibahas di milis BA 2 tahun yang lalu.  Saya coba posting ya..
(thanks for mbak Ratna & mbak Farah untuk share infonya) :)

  selamat mencuci, mbak :)
  Sylvia - mum to Jovan & Rena

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

  Arsip e-mail – Milis BA (Maret 2004)
  Topik: CARA MENCUCI BONEKA  (summary)

  Mencuci boneka dengan mesin cuci:
  (Fara Puspita Sari - Shafiyyah's mom)

  1. Masukkan boneka ke laundry bag (atau sarung bantal). Tujuannya untuk
mencegah boneka tidak rusak, termasuk saat di 'spin'.
  (Laundry bag ada dalam berbagai ukuran, bentuknya seperti kelambu – di
supermarket Sogo Plaza Indonesia hargarnya antara Rp. 20 ribu – Rp. 35 ribu,
tergantung ukuran)

  2. Cuci dengan sedikit sabun dan keringkan di dalam mesin. Tujuannya hanya
agar debu yang menempel di boneka dapat hilang

  3. Jemur atau di angin-anginkan sampai kering.

  4. Sesudah kering, di atur bulu2 boneka yang agak 'terbelit' supaya bagus
lagi, disisir pakai tangan saja.

  5. Jadwal cuci bisa 2-3 bulan sekali.

  6. Lebih nyaman menggunakan mesin cuci frontload karena umumnya putaran
mesinnya seimbang, tapi tidak masalah juga jika menggunakan mesin cuci yang
sistem 'up load'

  Mencuci boneka dengan mesin cuci
  (Ratna Wulan Sari – Audrey's mom)

  1. Masukkan boneka ke laundry bag, selotip matanya dengan selotip kertas
warna kuning agar tidak copot saat pencucian.

  2. Cuci menggunakan deterjen biasa dan pelembut

  3. Untuk boneka yang bulunya mudah rontok jangan dijadikan satu pencuciannya.

  4. Setelah dicuci, dikeringkan dengan cara disisir agar bulunya tidak jadi
'gembel'

  5. Jangan direndam atau diberi sabun langsung disikat, karena bisa
menyebabkan warna boneka jadi pudar.

  6. Untuk boneka bulu kesayangan, selalu gunakan jasa laundry/dry clean