Dear Pak Irwan,

Bapak tidak perlu khawatir, karena Carissa masih dalam kondisi yang normal.
Hal ini pernah dialami oleh bayi saya (Kyla 3.5 bln). Dari literatur yang
saya baca, batas BAB normal bagi bayi minum ASI adalah sekitar 5 hari, lebih
dari itu baru kita bawa ke dokter...Nah ternyata hari ke-5 Kyla belum juga
BAB, saya panik dan membawanya ke DSA yang kebetulan bersamaan dengan jadwal
imunisasi.

Ternyata kata dokter tsb, bayi ASI masih dalam batas normal jika tidak BAB
dalam waktu maksimal 10 hari, alasannya ASI adalah makanan yang mudah
penyerapannya (katanya hampir 100 % bisa diserap), oleh karena itu sedikit
sekali ampas/sisa yang dikeluarkan dalam bentuk feses/BAB. So...jangan
panik, jika lebih dari 10 hari barulah dokter anak akan menggunakan alat
bantu utk membantu mengeluarkan feses tersebut.

Jadi nggak perlu khawatir Pak.

Semoga berguna.

Imelda Alini