pak rahman,

kalau mau kesana (UEA) biasanya di kedutaannya udah ada yang bisa
translate. tinggal kita bayar. tapi gak tau sekarang masih ada or
kagak. seperti form visa application juga kadang bingung karena mereka
menggunakan tulisan arab semua. meski formnya bahasa inggris, tapi
isian namanya pake tulisan arab gitu.

BTW mau buat umroh or persiapan haji, atau mau kerja di qatar???
banyak temen kantor yang kerja di qatar. :):) gaji lebih gede.. bisa
50jutaan untuk engineer.

semoga membantu