Saya mau sharing aja nih...
Sekarang itu banyak dokter yang dengan gampangnya memvonis anak terkena fleks paru.
Hanya karena anak kurus & sering batuk pilek. Yach, meskipun dengan dalih bahwa hasil
test mantoux nya mengarah ke sana.
Tapi sesuai dengan info beberapa dokter yang saya dengar, tidak gampang lho memvonis
anak kena fleks paru.
Kalau anak kurus, belum tentu dia kena fleks. Zaman sekarang, anak kurus langsung
disuruh test mantoux. Padahal sianak masih lincah, masih mau minum susu, & masih juga
mau makan.
Kebetulan anaks saya badannya tidak ada yang montok-montok. Dan kalau udah kena batuk
pilek bisa panjang & lama. Hal ini hanya dikarenakan si kakak dan adik saling
menulari. Belum lagi kalo ayah bundanya juga batuk pilek. Wah... bakalan saling
menulari.
Anaks saya diduga punya alergi terhadap debu dan udara dingin. Jadi mereka gampang
batuk & pilek. Dan ada kecenderungan asma ringan. Anaks yang punya asma ringan,
cenderung ada alerginya, kebetulan anaks saya alergi terhadap debu & udara dingin.
Jadi kalo tempat tinggalnya dan sekitarnya udah mulai kotor, kita harus waspada.
Pengobatannya selain lingkungan kudu bersih, juga sekarang saya obatin lewat
inhalasi/nebuiliser. Obat yang dipakai cuman 10 % dari dosis obat normal kalo diminum.
Tapi lewat inhalasi ini pengobatannya langsung menuju sasaran. Dan alhamdulilah, 2
hari udah sembuh. Udah gak berlama-lama lagi.
Bbrp bulan yang lalu pun saya sempat khawatir karena badannya kevin gak gemuk-2. Tapi
ternyata dia terkena infeksi saluran kencing. Setelah diobatin 3 hari dengan
antibiotik dan bakterinya menghilang, alhamdulilah berat badannya kevin mau naik.
Jadi belum tentu anak gak gemuk-gemuk & sering batuk pilek, terkena flek paru. Ada
beberapa faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan anak demikian. Dan kalo dokter udah
memvonis kena flek paru, kasian si anak harus minum obat minimum 3 bulan. Padahal kan
tidak semudah itu si anak dinyatakan kena fleks paru. Ada baiknya cari second opinion
deh ke ahli paru-parunya.....
Tapi kalo anak kena infeksi saluran kencing, kita orang awam pun bisa baca hasil
labnya ada atau tidaknya bakteri dalam saluran kencing.
Memang kita sebagai orang tua harus kritis. Karena kesehatan anak kan tanggung jawab
orang tua.
Demikian sharing dari saya. Mohon maaf apabila sharing saya ini ada yang tidak
berkenan...

Bundanya Annisa & Kevin