Sebelumnya selamat ya pak.. atas kelahiran putra ke-2nya..

Klo dari pengalaman saya ya pak.. Bayi baru lahir khan baru belajar menyusu.
Aplagi klo anak pertama, jd ibunya pun baru belajar nyusuin.
Jd klo saya dulu, sering2 aja disusuin.Dan abis nyusuin trus bayi dah tidur,
saya perah deh payudara satunya utk disimpen dalam kulkas. Nanti2 bisa
disendokin klo emang bayinya masih nangis abis nyusu. Klo botol takutnya
bingung puting. Begitu aja terus.. lama2 akan berlimpah koq pak, khan ASI
itu semakin banyak diminum semakin banyak produksinya.
Apalagi klo bayinya ntar udah pinter nyusu lebih gampang lagi.
Insya Allah ASInya cukup koq pak.. nangis khan blm tentu laper siapa tau
pengen digendong, disayang2, atau dinyanyiin.
Trus ibunya jgn lupa banyak minum, makan yg banyak, makan sayur (yg hijau2
trutama sayur katuk), trus minum susu ibu menyusui membantu jg lho pak.. Dan
ibunya jgn tegang atau stress nanti malah ga keluar ASInya.

Klo abis mimik ASI klo bisa disendawakan.. krn kadang ada udara yg ikut
tertelan. Tp dulu saya kdg2 jg suka ga disendawain krn bayinya tertidur
waktu nyusu, tktnya bangun. Tp jgn keseringan hehe.. klo bayinya bangun,
disendawain aja.
Kalo nyusuin malem hari, istri jgn sambil tiduran deh pak.. Takutnya
ketindihan.. Dulu saya klo nyusuin malam diharuskan ibu saya duduk bersandar
di tempat tidur, trus tangan ditopang pake bantal..

Mudah2an membantu ya

Salam,
-Kartika-
Ibunya Nabiel