mba Kartika,
Tentang masalah gigi keropos pada anak, yang dikenal sebagai karies,
merupakan penyakit kronik dari jaringan keras gigi yang disebabkan oleh
demineralisasi email (lapisan keras atau lapisan luar gigi) oleh bakteri
yang ada pada plak. Pada tahap akhir, karies akan menyebabkan kerusakan
berupa gigi yang berlubang.
Proses terjadinya karies gigi dimulai dengan adanya plak pada permukaan
gigi, dimana gula dari sisa makanan dan bakteri akan menempel pada waktu
tertentu dan berubah menjadi asam dan menyebabkan demineralisasi email,
yang akan berlanjut menjadi karies gigi.
Awalnya, lesi karies berwarna putih akibat dekalsifikasi dan akan
berkembang menjadi lubang berwarna coklat atau hitam yang mengikis gigi.
Pada anak-anak atau balita dapat dijumpai kerusakan gigi yang parah
mengenai sebagian besar giginya. Itu biasanya akibat pemberian susu atau
cairan manis di dalam botol atau ASI yang terlalu lama menempel pada
permukaan gigi. Kejadian itu disebut sebagai nursing-bottle caries yang
sering dijumpai pada anak usia 12 bulan dengan kerusakan pada gigi seri
atas, gigi geraham, dan gigi seri bawah.
Usaha untuk mencegah kerusakan gigi tentunya tidaklah bijaksana jika
dilakukan dengan mengurangi pemberian susu atau ASI pada anak. Mengingat
penyebab utama timbulnya karies gigi adalah plak, maka upaya yang dapat
dilakukan adalah dengan membersihkan plak dari permukaan gigi anak. Upaya
tersebut dapat berupa menyikat gigi, kumur-kumur, dan pembersihan gigi
dengan kapas basah pada balita. Kebersihan gigi dan mulut hanya dapat
dicapai dengan jalan menyikat gigi secara rutin dan teratur setiap hari
terutama menjelang tidur agar permukaan gigi terbebas dari plak selama
waktu tidur.
Anak usia balita memerlukan peran orang tua untuk membantu proses belajar
bagaimana cara menyikat gigi secara rutin dan benar. Dengan bimbingan
untuk membiasakan menyikat gigi sejak dini, maka akan sangat bermanfaat
untuk pencegahan kerusakan gigi pada anak nantinya. Upayakan juga untuk
memperkenalkan anak secara dini bagaimana mengunjungi dokter gigi sejak
usia satu tahun

mengenai anak yang sering nenen pd waktu malam ini akan ada umurnya,
nantinya si anak akan terbiasa utk tidak minta lagi pd saat umur tertentu,
jadi anda tinggal menunggu saja tidak perlu menghentikannya dengan paksa,
anak ama bapa kan sama aja, kalo anak ga dikasi akan nangis kalo bapa ga
dikasi akan marah tapi kalo udah dapat diem dgn sendirinya... kok jdi
bahas ini?

Thanks & Best Regards,
Rahman Gunawan

Kartika Nusantari <[EMAIL PROTECTED]> wrote on 07/19/2006
10:19:16 AM:

> Dear all..
> Menyambung topik tentang anak sikat gigi.. jadi mau nanya nih..
> Selama ini nabiel klo bobo' malem pasti nenen. Dan klo bangun 2-3 kali
dalam
> tidurnya pasti nyari nenen trus baru bobo' lagi.
> Gimana ya apa itu bisa ngerusak gigi jg? Jd walopun mau bobo' sikat gigi
> bisa kotor lg ya tuh gigi.Ada ga yg pengalaman ttg hal ini? Jg cara
> menghentikannya..
> Salah jg sih aku, jd kebiasaan deh.. Klo bangun ditepuk2 doank pantatnya
ga
> [...]

Ce message ?lectronique et tous les fichiers attach?s sont confidentiels et
destin?s exclusivement ? l'usage de la personne ? laquelle ils sont adress?s.
Si vous n'?tes pas le destinataire de ce message, merci d'avertir ou de le
retourner ? son ?metteur et d?truire ce message ?lectronique et tous les
fichiers attach?s de votre syst?me informatique. La publication, l'usage, la
distribution, l'impression ou la copie non autoris?e de ce message et des
attachements qu'il contient sont strictement interdits.

This e-mail and any attachment are confidential and intended solely for the use
of the individual to whom it is addressed. If you are not the intended
recipient, please telephone or email the sender and delete this message and any
attachment from your system. Unauthorized publication, use, dissemination,
forwarding, printing or copying of this e-mail and its associated attachments
is strictly prohibited.

Este correo electr?nico y todos los ficheros adjuntos son confidenciales y
destinados exclusivamente al uso de la persona a la cual han sido remitidos.
Si Usted no es el destinatario del mensaje, agradecemos advierta al remitente y
elimine el mensaje y sus adjuntos de su sistema.
La publicaci?n, distribuci?n, impresi?n o copia no autorizada de este mensaje y
de sus adjuntos queda estrictamente prohibida.

Kirim email ke