From: Sylvia Radjawane [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, July 19, 2006 4:56 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Cc: Kartika Nusantari
Subject: Re: [balita-anda] [Artikel] bobo' sambil nenen (was: kapan anak
sikatgigi?)

Hi mbak Tika,

Saya coba posting ya salah satu artikel dari arsip tentang pertanyaan mbak.
Refer to artikel itu, melalui berbagai riset, ASI *sendiri* tidak
menyebabkan gigi keropos.

Aliran ASI dalam mulut berbeda 'cara' dengan aliran susu/cairan lain dalam
botol.  ASI:
- tidak menimbulkan 'genangan' dalam mulut bayi dalam waktu yang lama (yang
jadi 'sasaran empuk kuman streptococcus untuk membiak)
- hanya 'mengalir' saat bayi 'aktif' menghisap. Kontak zat gula, air ludah
dengan gigi bayi jauh berkurang dibandingkan cairan dalam botol karena
menghisap ASI buat bayi sama artinya dengan 'menelan'
- masuk ke dalam mulut bayi lewat bagian belakang gigi.

Kalau pun bayi yang menyusui ASI eksklusif mengalami gigi keropos, lebih
disebabkan faktor lain, mis: kontak antar air ludah dengan ibu (pengasuhnya)
atau kelainan genetis (punya lapisan email gigi yang tipis atau tidak punya
lapisan itu sama sekali).

so, happy night-breastfeeding, :)
Sylvia - mum to Jovan & Rena

Kirim email ke