Pertumbuhan gigi baby macem2 mbak...
ada yg lahir lsg ada giginya... ada juga yg setaun
baru tumbuh giginya...

But rata2 sih umur 6-8 bln gigi geraham pertama
tumbuh..
Pertumbuhan (erupsi) gigi dipengaruhi banyak faktor,
al: hormon, nutrisi yg diberikan, keturunan, jenis
kelamin,..

klo ngutip dr drg Julia van Tiel di milis sehat
Jumlah gigi susu 20. Pertumbuhan gigi:

Geraham atas:
Gigi seri tengah - 8-12 bulan
Gigi seri kedua - 8-13 bulan
Taring - 16-23 bulan
Geraham pertama - 13-19 bulan
Geraham kedua 25 -33 bulan

Gigi Bawah
Gigi seri tengah - 6-10 bulan
Gigi Seri kedua - 10-16 bulan
Taring - 16-23 bulan
Molar pertama - 13-19 bulan
Molar kedua - 23-31 bulan
Jadwal pertumbuhan di atas cuma ancer ancer, kadang
melebihi atau mendahului.

Klo 4 bln emg rat2 anak udah muali suka gigit .. lama2
smua benda dimasukin ke mulut.. kasih aja teether
mbak..

Uci mamaKavin+

--- Heny Hermawati <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Dear moms and dads,
>
> mau tanya dong, kalau baby tumbuh gigi yang pertama
> kali itu umur berapa
> bulan yah ??
>
> anakku baru umur 4 bulan, tapi aku lihat mulutnya
> gak bisa diam, apa mungkin
> karena gusinya gatal mau tumbuh gigi ???
>
> maaf kalau udah pernah dibahas.
>
> thanks
>
> heny

Uci mamaKavin