*From:* [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
*Sent:* Thu 8/24/2006 5:46 PM
*To:* Dini Febrina
*Subject:* Re: Fw: [balita-anda] Tanya tentang digital piano & les privat

aku jawab dibawah...

Hi all parents,
Kebetulan vina (4 th) mulai ikutan les keyboard di Yamaha Pajajaran Bogor.
Ke depannya sih saat 6 th mau dimasukkin ke les piano.
Kebetulan sbg ortu nya nih ga bisa mainin keyboard / piano. Ada 2 hal yang
ingin saya tanyakan :

   1. Saat ini saya masih belum beli keyboard / piano, saya punya budget
   < 9 juta. mengingat ke depan vina mau masuk les piano saya bingung
milih
   beli yg mana ? Saat ini sih saya punya pilihan, diantaranya : Keyboard
   Yamaha DGX 505 (tuts 7 oktaf spt piano), Keyboard Yamah PSR 3000 (tuts
5
   oktaf tp dg feature yg canggih) dan Digital Piano Yamaha type YDP 151
(tuts
   7 oktaf dg berat tuts mirip piano tapi tanpa rhytm sama sekali).
Mungkin
   parents ada yg bisa kasih masukan ??

NYOMAN : dengan budget 9 jt pilihannya banyak. Sekarang mas tetapin dulu, mo
keyboard or piano.
Kalo bingung, coba bawa Vina ke sekolah musik, tunjukin kedua-duanya,
terutama pada saat kelas berlangsung, minta ijin ama guru nya, biasanya
dibolehin tuk observasi.
DGX 505 itu digital piano, lebih lembut dari piano beneran (akustik).
     Tuk anak 6th cukup nyaman tuk belajar piano tingkat awal, tapi kalo mo
serius di piano klasik, disarankan tuk membeli piano akustik, selain tuk
pembentukan jarinya juga dibiasakan nekan tuts yang keras.
Ada digital piano yang sekeras piano akustik, CASIO PREVIA (kalo ga salah
nulis neh), harganya mirip2, tapi aplikasinya lebih banyak DGX. Ato sekalian
Yamaha YDP, ini bener2 mirip piano akustik, baik suara maupun kekerasan
tutsnya. Harganya diatas
DGX.(hehe.. jangan bingung).

PSR 3000 ini keyboard, bukan piano, yg paling canggih ke kelas PSR. Bisa
midi pake disket, suara keren bo. Ringan dan mudah dibawa2 manggung.
DGX juga bisa midi, pake smart card, perlu card reader tuk koneksi ke
komputer. Midi bisa di create dengan software Cakewalk Pro (arranger lagu).
Kalo Casio Previa ga ada kayaknya.

Di rumahku pake DGX dan electone, karena ada murid keyboard juga murid
piano, maksudnya supaya bisa absorb kedua2nya. Kalo Vina minat ke piano, aku
sarankan beli YDP.

Aku punya pengalaman ortu yang semangat beliin piano akustik seken dari
Petrof, dia habis sekitar 17jt.. anak nya umur 6th ngeles ga sampe setahun,
pernah aku ajak mentas, tapi sayang bgt.. sekarang anaknya boring habis..
memang piano akustik itu bisa
membuat boring, so hati2... jangan nyesal kemudian

   2. Sebagai orang tua, saya ingin bisa main keyboard / piano supaya
   bisa membimbing vina juga pas di rumah. Mungkin parents ada yg tau yg
bisa
   kasih privat utk area cibinong atau bogor.

NYOMAN : Great ! ini baru ortu yang gaul... anaknya belajar, ortunya juga
minimal harus tau. Akupernah punya murid yang ngibulin maminya terus..
hehe... pas belajar, maminya ga tau anaknya dah bener blum seh mainnya..
alhasil maminya nekat minta belajar
juga, minimal dia bisa baca not balok dan main lagu2 ringan. Jadi pas dia
lagi nungguin anaknya latihan, dia tau anaknya dah bener blum mainnya, dan
turut menikmati. Juga si anak ternyata lebih respek dengan maminya pada
akhirnya..Ada juga ortu yang sok
tauuu bgt.. ngatur sang guru, sampe guru bingung mo diarahin kemana... ada
juga yang ga pernah ngawasi anaknya dah maju ato malah mundur, ini yg paling
menyedihkan, biasanya ortu yang gini aku kirimin surat.. bukan surat cinta,
tapi progress mengenai
anaknya, baru deh dia dengan sedihnya bilang kalo dia bener2 bersyukur di
ingetin tuk perhatian kepada anaknya.. ada anak yang ga maju2 lagunya terus
berurai air mata.. lhaaa... aku jadi bengong dibuatnya, terus aku
investigasi maminya. ternyata anak itu
padet bgt waktunya, tiada hari tanpa les (sempoa, inggris, mandarin,
matematik, lukis, renang - duh mudah2an moms & dads BA ga ada yang gini yah)
boro2 tidur siang.. ya jelaz stress berat dia! besoknya aku suruh berhenti
musiknya, suruh maminya pilih mo
les musik ato les yang lainnya di stop.. mending aku ngalah untuk
kebahagiaan si anak..

Tolong ya sharingnya,

BR,

Pp vina