Mbak Juwita,

Bersyukurlah karena sebenernya jaraknya dengan JEa bisa dibilang tidak
terlalu dekat. Jadi ketika Jea berusia 2th, baru dia punya adik.

Pengalaman saya lebih bikin saya dan suami lebih bingung. Ketika Abel
anak pertama saya berusia 5 bulan saya ternyata sudah positif hamil.
Padahal waktu itu saya mau pasang KB, dan after melahirkan mens saya
baru sekali. Dan ternyata ketika mau pasang KB, dokter bilang kalau
saya udah isi lagi... duhh pengalaman yang bener2 bikin perasaan
bercampur aduk gak keruan, mungkin 2kali lebih bingung dari mbak
Juwita. Karena jarak anak saya cuma 14 bulan ketika lahir.

Pengalaman saya, awalnya saya khawatir dan takut nanti bagaimana. bisa
tidak saya jadi ortu yang baik, dan bagaimana saya membagi waktunya.
padahal ABel juga masih butuh perhatian.

Ketika adiknya, Sara, lahir, ketika di rumkit Abel tidak mau deket2
saya, bahkan ketika pulang dari rumkit. dia lebih memilih dengan
susternya. hingga setelah sekitar 1 minggu baru deh dia mau, mungkin
ada perasaan kalau mamanya lebih menyayangi adiknya (kali aja).

Tapi mbak sekarang Abel 26 bulan dan Sara 12 bulan, sudah bisa main
bareng, karena dari awal saya sudah kondisikan bahwa mereka harus
saling sayang. Meski terkadang ada berantem dikit, tapi saya selalu
kasih pengenrtian dan win-win solusi. jadi mereka tidak pernah
berantem yang saling menyakiti. meski sesekali terjadi. Dan kalau gak
ada adiknya, kakaknya pasti nanyain: "Mama dek Sara mana? Kakak mau
ama adek, mau bobo ama adek." Dan Sara jauh lebih cepat
perkembangannya karena udah ada contohnya ya.. kakaknya itu.

Masalah repot.. duhhh emang super repot banget. apalagi anak saya
kecil2. saya ampe hire 2 suster waktu itu. tapi sekarang cuman 1
suster dan 1 asisten. tapi pas lebaran mbak, anak saya yang gede baru
bisa jalan sekitar 4 bulanan, dan si kecil baru 2 bulan.. wah rasanya
nikmatttttt heheheheee soalnya super mommy, semua ngerjain sendiri
tanpa asisten... belum lagi di rumah ortu saya ngurusin ortu juga...
cihuiii deh... ampe bener2 cuapek..

Nah repotnya lagi kalau mau pergi, ngajak yang kecil masih kekecilan
mau ngajak yang gede doang kok kasihan ama si kecil, akhirnya kalau
pergi berempat plus asisten. wah.. pokoknya kayak rombongan sirkus
deh... kalau pas gak ada asisten biasanya anak saya yang gede duduk
sendiri di car seat, dan yang kecil di belakang dengan saya. itupun
kadang rame mbak... yang gede maunya sama mamanya... duh2 kalau udah
gitu seru deh...:):):)

terus kalau mau bobokin, yang udah taukan?? jadi di bilang ABel mau
bobo ama mama, padahal saya sendiri pengen bagi waktu buat ama Sara
juga, tetep aja tiap saya gendong Sara, Abel juga selalu heboh cari
perhatian dan minta gendong juga.... wuiiihhhhh......

yang terpenting buat saya, anak2 saya harus mandiri, dan saya udah
ajarin sejak awal seperti misalnya tidur di Boks, kalau yang gede
ngompol saya suruh bersihkan sendiri, baru nanti saya rapikan semua.

Sebenernya masih banyak mau cerita tapi ntar terlalu panjang.
semoga membantu ya mbak..

Cheers,