From: Dewi Andayani Puji Setiawati [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, August 12, 2003 12:16 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Pap Smear

Mbak Hasnah..

Pemeriksaan Pap Smer itu dilakukan dengan mengambil sampel pada (maaf)
bagian leher rahim/vagina, nah dari sampel tsb banyak yang dapat diketahui,
misalnya penyakit-penyakit yang disebabkan oleh bakteri, virus, bahkan
kemungkinan kanker.
Biasanya nanti dokternya yang akan menentukan jenis pemeriksaan yang perlu
dilakukan pada sampel tsb.Maka jika mbak mempunyai keluhan seputar masalah
rahim dan alat kelamin lebih baik diutarakan agar dokter lebih tepat
mengarahkan jenis pemeriksaan sampelnya.

Mbak tinggal kedokter kandungan mbak dan bilang bahwa mbak ingin melakukan
pemeriksaan pap smer. Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan dalam tetapi
tidak menimbulkan sakit karena dokter hanya akan mengambil sedikit (maaf)
lendir yang ada pada leher rahim dgn menggunakan alat semacam kawat yang ada
kasanya.

Pemeriksaan Pap Smer ini memang sebaiknya dilakukan minimal 1 tahun sekali
untuk semua perempuan yang sudah bersuami, tidak memandang dia sudah
melahirkan atau belum. Karena diperlukan biar kita dapat mengetahui sejak
dini jika ada penyakit atau pertumbuhan yang abnormal pada rahim kita.

Demikian mbak, maaf kalo tidak membantu.

Thanks
Dewi