Pagi jeng Ruri
Ahh, ya gak pantes t9oh saya jadi konsultan makanan, cuma saya belajar dari pengalaman
aja sekalian buka2 buku makanan bayi (kalau ada yg keluar aku pasti titip buku menu).
Untungnya juga, anak pertamaku dibesarkan di luar dan terus terang di sana saya banyak
bel;ajar. Sampai sering aku berfikir, kassihan ya anak Indonesia, sejak awal
diperkenalkan ke makanan instan dan sejak awal justru tidak diperkenalkan terhadap
berbagai ragam rasa.
Oleh karena itu, saya biasakan buat menu sendiri dan BS saya (mulanya sih dia merasa
lebih tahu dari aku dan sok ngajari, anakku gak boleh ini gak boleh itu dst dst) tapi
saya kok yg menentukan akhirnya dia nurut.
prinsip sederhana sebenarnya bahwa karbohidrat (seperti dlm 4 sehat 5 sempurna) gak
perlu nasi. Setiap kali berubah apalagi kalau sdh 3 tahun gampang. makaroni, mie,
mashed potato, roti. nah salahnya, kita sering mengganggap anak kita belum makan kalau
bukan nasi. itu tdk benar. Buat snack, aku sih biasanya buah dan sayuran kukus (lihat
deh jawaban2ku kemarin sub judul biskuit anak.
Buah dari awal aku kasih apa yg ada di rumah termasuk mangga selama manis. Ada trick
supaya anak suka makan buah. pertama, aku coba bikin fruit milk shake (resep dari DSA
ku), buah, susu, es krim vanilla diblender. nah kalorinya lebih tinggi dari sepiring
nasi. Kedua, aku jus blender tapi air gak banyak, lalu aku bikin jadi es batu biar dia
emut2, ketiga aku masukkin puding, aku campur yoghurt dan es krim. Alhamdullillah
anak2 suka buah dan sayuir
Selamat nyoba sori panjang juga jawabannya
Narasati

ruri <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
mbak Nasarati,
kayaknya mbak cocok deh jadi konsultan menu makanan buat anak-anak kita.
aku pengen minta saran nih, tapi anakku udah ampir 3 taun, makannya udah
hampir segala macem, tapi dia susah banget makannya. emang susunya lancar
banget, dan aku nyadarin bahwa ini jadi semacam lingkaran setan. khan kalo
mau anaknya makannya banyak susu mesti dikurangin, tapi kalo ngeliat anaknya
gak mau makan, jadi kasian n akhirnya dikasih susu juga, takut kelaperan
soalnya.
aku bagi resep donk, buat makannya dia. soalnya kalo udah ketemu ama nasi,
pasti diemut lama banget, dia oke kalo makan mie, tapi gak mungkin dong kalo
sehari 3x makannya mie terus?
terus, anak seumuran dia, porsi makannya tuh seberapa ya? soalnya dia kalo
makan nasi paling banyak 6-7 sendok anak-anak (yang gedean dikit dari sendok
kecil). cukup gak ya? biasanya diantara jam makan besar, dia ngemil
macem-macem, biskuit, coklat, kue, kerupuk kadang-kadang juga pempek (maklum
anak palembang)
terus lagi nih, anakku tuh gak mau makan buah, apa dia bosen yah, soalnya
dari umur 6 bulan ampe sekitar 2 taunan tiap hari pasti minum jeruk. nah,
punya ide gak, biar dia mau makan buah, diapain tuh buah.
oke deh, segini dulu...he..he.. banyak ya nanya. makasih banyak lho.....