Dear Erik,

wah keren banget..
makasih..saat ini baru 2 usulan, masih ditunggu..

Saya pernah mengunjungi panti asuhan, yang sejenis dengan Panti Asuhan Tuna
Ganda Palsi Gunung, yaitu PA Asih. Kalo nggak salah berlokasi di daerah
Jakarta Barat. Kegiatan yang kami lakukan saat itu adalah:

- Bermain bersama

Menemani / mengajak anak-anak tuna-ganda untuk bermain bersama. Permainan
berupa game-game sederhana seperti melempar bola ke ember, tenis meja, bola
voley, dll. Mereka sangat senang dan menikmati permainan bersama ini.

- Mengunjungi workshop

Kami juga mengunjungi workshop yang ada di lokasi. Di sini anak-anak tuna
ganda diberi bekal untuk mandiri berupa keterampilan menenun, menyulam, dan
menjahit. Biasanya selesai sekolah formal, para siswa belajar dan bekerja di
sini. Pengunjung bisa membeli barang-barang hasil produksi workshop.

- Kerja bakti

Bersama-sama penghuni panti membersihkan lingkungan panti, mengecat dinding
dan pagar, dll.

- Makan siang bersama

Acara terakhir adalah makan siang bersama yang ditutup dengan suguhan pentas
seni oleh para siswa panti asuhan.

Sedangkan Panti Asuhan Tuna Ganda Palsi Gunung, pernah saya kunjungi bersama
teman-teman kuliah sekitar tahun 1993. Waktu itu kami hanya menyerahkan
bantuan berupa uang.