SKB Hari Libur dan Cuti Bersama 2007 Ditandatangani Surat Keputusan Bersama
(SKB) Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri
Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) No 481/2006, No: Kep
281/MEN/VII/2006 dan No: SKB/03/M.PAN/7/2006.

Tentang Hari-hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2007,
ditandatangani di Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Senin
(24/7). Penandatanganan SKB tersebut dilakukan oleh Menteri Nakertrans Erman
Soeparno, Dirjen Pendidikan Agama Islam Yahya Umar mewakili Menteri Agama,
Deputi Tata Laksana Kementerian PAN mewakili Menneg PAN dan disaksikan oleh
Menko Kesra Aburizal Bakrie.

Hari libur tahun 2007 meliputi :
-Tahun Baru Masehi (Senin, 1 Januari),
-Tahun Baru 1428 Hijriyah, Sabtu 20 januari),
-Tahun Baru Imlek 2558 (Minggu 18 Februari),
-Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1929 (Senin, 19 Maret).
-Maulid Nabi Muhammad SAW ( Sabtu 31 Maret),
-Wafat Yesus Kristus (Jumat 6 April),
-Kenaikan Jesus Kristus (Kamis 17 Mei),
-Hari Raya Waisak (Jumat 1 Juni),
-Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW (Sabtu, 11 Agustus).
-Hari Kemerdekaan RI (Jumat 17 Agustus),
-Idul Fitri 1 Syawal 1428 H),
-Idul Adha 1428 H (Kamis 20 Desember),
-Hari Raya Natal (Selasa 25 Desember).

Sementara itu cuti bersama jatuh pada :
- Jumat 18 Mei menyambung libur Kenaikan Yesus Kristus (17 Mei),
- Jumat, Senin, Selasa 12, 15 dan 16 Oktober libur sebelum dan sesudah Idul
Fitri Sabtu dan Mingu 13-14 Oktober.
- Jumat dan Senin 21 dan 24 Desember menyambung libur Idul Adha Kamis 20
Desember dan sebelum Natal Selasa 25 Desember.

Menko Kesra Aburizal bakrie dalam kesempatan ini mengemukakan kebijakan hari
libur pada 2006 telah mendapat sambutan positif dari masyarakat. Menko
melansir hasil jajak pendapat yang memberikan repon positif hasil kebijakan
tersebut.
"Cuti bersama tersebut dilakukan dengan pemotongan hari libur lainnya,
sehingga hari libur sebenarnya tidak bertambah," kata Menko Kesra.

Dengan kebijakan hari libur, menurut laporan Menteri Kebudayaan dan
 Pariwisata kunjungan para wisatawan ke obyek-obyek wisata domstik seperti di
 Borobudur maupun di Bali cukup meningkat pesat. Bahkan persentasenya
 mencapai dua kali lipat. "Ini merupakan hal sangat menggembirakan dan sangat
 dibutuhkan dalam pertumbuhan perekonomian nasional," ujarnya.

Menko menambahkan adanya bencana alam yang akhir-akhir ini terjadi, dampaknya
selain kepada rakyat, juga bisnis pariwisata.yang telah kehilangan pasar
lumayan besar. Untuk itu semua pihak perlu membangkitkan kembali bisnis
pariwisata tanpa harus menambah hari libur.

Dengan demikian penataan hari libur harus tetap berdasarkan pola efisiensi
 dan efektivitas mengingat hari kejepit banyak karyawan yang membolos. "Ini
 tidak efektif. Apalagi liburan resmi tahunan selama dua minggu mereka tetap
 mengambil.  Jadi mereka membolos dan tetap mengambil yang dua minggu. Untuk
 itulah maka dilakukan penggabungan hari-hari libur," katanya.

Menko menggarisbawahi bahwa hari-hari libur keagamaan tidak digeser, baik
dimajukan maupun diundurkan sesuai dengan permintaan majelis-majelis agama,
sementara hari-hari libur yang bersifat seremonial dan bertepatan dengan hari
kecepit masih bisa digeser.

Aburizal bakrie menambahkan kesepatan hari libur nasional maupun cuti bersama
tersebut dilakukan pemerintah (Menteri Agama, Menneg PAN, dan Menakertrans)
dengan majelis-majelis keagamaan.

"Namun unit-unit kerja yang berhubungan langsung dengan pelayanan yang
mencakup masyarakat luas di pusat maupun di daerah, seperti puskesmas maupun
perusahaan-perusahaan transportasi diharapkan mengatur sendiri hari liburnya
sehingga kepentingan masyarakat tak terabaikan," kata Menko Kesra.

Menjawab pertanyaan Menko Kesra sekali lagi menegaskan prinsip-prinsip
kesepakatan tersebut dilakukan demi efisiensi, hari libur tahunan tidak
dikurangi dan hari libur keagamaan tidak digeser. "Itulah prinsip-yang
mendasari hari libur tahun 2007," katanya.