Menurut saya anak itu bersih dan lugu, respon lingkunganlah yg membuat sikap
anak. Biasanya anak akan menurut dan kooperatif bila  dia juga didengar. Anak
menjadi nakal bila perasaan dan isi hatinya tidak didengar dan orang tua
langsung menjudge dengan sikap negatif.

Apabila anak tidak hargai dirinya dan perasaannya maka dia tidak akan meghargai
orang lain.
Apabila anak tidak didengar dia tidak akan mendengar orang lain. Apalagi
sebenarnya anak2 itu sangat cerdas, mereka bisa diberi pengertian dan akan
mudah lagi bila diberi tahu apa manfaat dari pengertian itu bagi dirinya.

jadi katakan, " Adek kalo pipis ke kamar mandi, nanti kalo pipis di celana kan
jadi basah semua, adek nggak enakkan nanti bau, terus nggak adayg mau dekat
sama Adek"
Tapi kita juga harus sabar dan juga kooperatif dengan dia, Insya Allah
lama-lama anak akan terlatih dan mau diberitahu.

Itu yang saya lakukan pada anak saya pada waktu melatih toilet training,
Alhamdulillah prosesnya tidak memakan waktu lama dan tidak memerlukan banyak
energi.

Hanifa