mbak narasati yang baik,
seperti pernah saya bilang bahwa saya mengikuti cara mbak membuat mknnan buat si kecil
dari awal, dan saya coba buat rangkumannya (cuma mungkin ada kata2 yg saya kurangin,
maaf ya mbak, yg penting nggak mengurangi intinya kog...) tapi saya rasa masih kurang
(rangkumannya), kalau mbak berkenan tolong dikoreksi dan tambahin ya mbak... ( seperti
resep alpuket pakai susu, jagung, agar dll  --> kalau ada ??!!??)
  a.. -         ubi (kukus, haluskan, aku tambahin asi), atau labu kuning (kukus,
haluskan, kasih asi atau formula). Begitu juga dg kentang
  b.. -         Ubi yg bagus ubi  merah karena umbi dan buah berwarna merah vit E dan
A dan C nya sangat tinggi. lebih bagus lagi kalau ubi cilembu, manis jadi gak usah
pakai perasa.
  c.. -         udah 5 bulan bisa mulai kasih roti yg coklat (brown bread - gandumnya
serat yg sehat. )
  d.. -         labu kuning / kentang dikukus (jangan direbus nanti vitaminnya
hilang), terus dilembutkan /dihaluskan, lalu tambah susu sedikit (asi/formula) Mau
rasa? bisa taburi keju parut atau beri gula kelapa halus (palm sugar)
  Kekentalannya tergantung taraf kepandaian bayi kita. Kalau sukanya agak encer,
susunya agak banyak, akalu sukanya agak kental ya bisa perlahan2
  e.. -         Bayi sebaiknya jangan kasih garam karena ginjalnya belum bisa
ngeluarin garam. perasanya ya itu keju.
  f.. -         bubur kacang hijau (sehabis dimasak di saring, kasih susu, kasih gula
merah halus sedikit.
  g.. -         Kacang ijo dicuci bersih, buangin yg jelek. lalu sama air direbus
sampai merekah empuk, air jangan kebanyakan kalau kurang kan bisa bolak balik
ditambah. terus saring semuanya - nah baru kasih asi/susu formula. Beli aja gula
kelapa halus di supermarket (palm sugar) terus awurin biar wangi dan sedap
  h.. -         mulai umur 7 bulan bias dikasih keratan roti perancis, wortel kukus,
labu siam kukus, ketimun kukus. buah yang lembut dipotong2 kecil aja biar dikunyah
sendiri misalnya semangka. Kalau melon dll dipotong kecil2.
  i.. -         makan siang bias diberi buah tapi yg padat misalnya alpuket pakai
susu, apel kukus yg udah diancurin pake susu, pisang campur peya atau melon pakai
susu, atau mangga pakai susu
  j.. -         sore diberi menu makan malam seperti nasi tim, atau kentang, atau
makaroni, atau jagung, sama sayurannya dan supnya.
  k.. -         Selingan dapat berupa snack. pagi air buah - sore sayur kukus, bikin
agar (tapi vanilla biar gak ada perasa, campur susu dan telur kuning)
  l.. -         fruit milk shake, buah, susu, es krim vanilla diblender. kalorinya
lebih tinggi dari sepiring nasi. Kedua, aku jus blender tapi air gak banyak, lalu aku
bikin jadi es batu biar dia emut2, ketiga aku masukkin puding, aku campur yoghurt dan
es krim Untuk buah biar menarik, bias di cetak bulat-bulat misalnya semangka,
  melon, pepaya trus disiram air jeruk,  lalu ditusuk pakai semacam tusukan
  sate dari plastik.
oya mbak untuk fruit milk shake, boleh nggak diberikan pada anak umur 6 bulan ???
maaf ya mbak klu pertanyaannya kepanjangan....

with all thanks.........

Regards,

Aldi's mother

Kirim email ke