Thanks atas penjelasannya moga bermanfaat.

Somat,
Bunda Delacius

-----Original Message-----
From: Gabs [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Sunday, October 01, 2006 7:49 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Penjelasan (was: Cheeze Stix Le'zzaat)

Wah...aku baru cuti sehari ternyata lagi membahas MSG yah.
Well...cuma ingin meluruskan aja.
Kakak iparku yang bikin cheeze stix ini benar2 tidak memakai penyedap rasa
seperti royco (sorry nyebut merk) ataupun vetsin...apalagi pengawet.
Walaupun suka ada yang bilang bahwa cheeze stixnya seperti dibumbui pakai
penyedap rasa, tapi saya berani guarantee(karena saya suka lihat sendiri
cara bikinnya), kakak iparku gak pernah pakai penyedap rasa, pengawet dan
teman2nya. Begitu juga dengan produk abon cakalang buatan tanteku.

Oh ya...walaupun tanpa pengawet, cheeze stixnya bisa tahan sebulan lebih
(aku punya yang sengaja disimpan sudah 2 bulan rasanya masih gak apa2).
Kalau abon cakalang di suhu ruangan bisa sampai 2 mingguan sedangkan bila
disimpan di dalam kulkas (bukan freezer) bisa sebulan lebih...asalkan gak
kejemur atau kena sinar matahari langsung.

Dan betul kata Mbak Ani Puspita, makanan bisa lezat dengan komposisi gula
dan garam yang tepat. Di rumahku sendiri juga hanya pakai gula dan garam
untuk membuat makanan gurih karena aku punya anak yang masih balita dan gak
mau anakku terlalu banyak mengkonsumsi MSG...considering bahwa setiap
weekend aku sekeluarga selalu makan di luar dan rata-rata makanannya
mengandung penyedap rasa dan MSG.

Maaf ya jadi kepanjangan..tapi mudah2an temans semua khususnya Bunda
Delacius bisa lebih jelas.

Salam,
Gaby Josephine