Menanggapi banyak pertanyaan,sekaligus saya rangkum dlm 1 tulisan saja ya...

  Saya terkena ITP dlm usia dewasa. Dan sudah melahirkan 1 orang anak yg sehat.
  Sebelumnya saya termasuk wanita aktif yang bekerja kantoran 8 jam per
hari,mampu menyetir mobil sendiri ke kantor PP dengan jarak +/- 60 km per hari.
Kantor di Sudirman,rumah di Lippo Karawaci.
  Gejala yg saya alami adalah timbul bintik2 merah di ke dua kaki saya,disertai
memar-memar di tangan dan kaki. Setiap hari bertambah banyak sampai penuh
sekujur tangan dan kaki tanpa ada rasa pusing atau demam. Dan aktifitas tetap
seperti biasa. Akhirnya saya putuskan ke dokter umum di Siloam. Di tes lab, cek
trombosit,analisa ITP. Kemudian ditangani internis, di putuskan ITP, opname 3
hari.
  Keluar RS saya mencari second opinion,ke ahli darah di RS Cikini, dilakukang
tes darah macam2 lab, disimpulkan ITP. Utk lebih memantapkan lagi, di lakukan
tindakan dgn istilah BMP(kalo gak salah diambil sample darah dr sumsum tulang
belakang?)sehingga diperoleh kepastian positip ITP.(ini pabrik darahnya
langsung...)
  Bagi penderita ITP,pada dasarnya trombosit 50.000 masih ok.Asal tdk mengalami
luka/infeksi. Krn pembekuan darahnya rada terganggu.
  Dalam hal ini, sebenarnya tulang sumsum masih terus memproduksi trombosit,
hanya saja oleh karena mekanisme antibodi yang menghancurkan trombosit maka
supply trombosit tidak mencukupi kebutuhan (demand).

  So, menurut saya, kiranya baik memperhatikan beberapa hal:
  1. Makanlah makanan yang bisa menambah jumlah trombosit
  2. Jaga supaya jangan sampai terluka.
  Bagi penderita dewasa,Kalau mau berhubungan intim,jagalah supaya betul-betul
siap ( "oli pelumasnya" sudah cukup) baru tancap gas.karena di sekitar alat
kelamin itu bisa jadi menjadi daerah yang cukup vulnerable dan mudah terluka.

  Cara membuat juice beet,saya memakai juicer dengan 1 buah beet ukuran sedang
dan 1 buah apel. Konon,katanya yg bagus adalah apel malang. Saya gak tau
alasannya apa,cuma seringnya kalo apel malangnya gak bagus saya juga ganti apel
lain. Tp kalo aple malang saya gak kupas kulitnya,hanya dicuci bersih saja.Tp
kalo apel import saya kupas.

  Tes lab yg biasa dilakukan namanya DPL.ITP pada anak bayi,saya kurang tau.
Sedangkan pada orang dewasa,pada dasarnya memang tdk bisa disembuhkan tetapi
bisa dijaga.

  Sekarang,saya tetap ngantor 8 jam sehari,tetapi tdk menyetir sendiri utk
menjaga tubuh supaya tdk terlalu capek.Sekarang,trombosit saya diatas 150.000
lebih terus lho...(normal 150.000-400.000)

  Salam,
Diana