From: "Chris" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Tuesday, August 19, 2003 9:33 AM
Subject: [balita-anda] Mana yg benar?

Dear All,

2 Bulan kemarin anak saya yg baru berumur 3 bulan demam panas, sampai
39.derajat
dan selama dirumah ketika panasnya 37-38 kami mengompresnya dengan air
hangat (karena itu yg kami  tau) tapi karena tidak turun-turun dan sampi ke
39. akhirnya kita bawa ke R.Sakit .ketika masuk di emergency room kami
sangat kaget sekali karena dokter justru melap semua badannya dengan air
dingin dan menyuruh pake baju lengan pendek . saya hanya berdoa agar anak
kami yg pertama ini sehat dan tidak mendapat masalah yg lebih serius.
akhirnya memang turun dan juga harus opname selama 3 hari. selama di R.S
saya masih bertanya-tanya dan sharing dengan yg lainnya dan selama kurun
waktu dampir 2 bln sampe hari sabtu kemarin, saya begitu kagetnya ketika
baca "Koran Tempo" hal 16 yg isinya ":
salah satu isinya yg saya kutip sbb:
"Agar demam dapat teratasi"
' ..kompres dgn air dingin, es atau alkohol tidak dianjurkan. anak bisa
tambah menggigil atau keracunan. kompres air hangat lebih baik. karena
memperlebar pembuluh darah dan membuat anak berkeringan . sesudah keringat
mengering demam akan turun sendirinya...:

Bapak / ibu atau dokter (mungkin ada yg join). tolong beri
penjelasan/pendapat agar dikemudian hari kami lebih tau mana yg harus kita
lakukan...

Terima kasih atas perhatiannya

Dad+Mom Michael's